Di era pandemi seperti sekarang, untuk mengurangi risiko paparan virus COVID-19, kita dihimbau untuk lebih banyak di rumah saja. Hal ini tentunya berdampak pada perubahan pola belanja rumah tangga, yang dulunya mungkin bisa tiap hari ke tukang sayur, sekarang berubah jadi mingguan. 

Bagi Moms yang tidak terbiasa menyetok bahan makanan seperti itu mungkin menjadi sedikit bingung bagaimana mengaturnya agar kesegarannya tetap terjaga dan tidak ada bahan makanan yang terbuang. 

Nah, salah satu cara supaya bahan makanan segar bisa tahan lama adalah dengan membekukannya, Moms. Tapi tidak semua bahan makanan baik untuk dibekukan, lho. Biar tidak salah dan malah merusak stok bahan makanan rumah, yuk disimak daftar bahan makanan yang sebaiknya dibekukan berikut ini. 

Daging dan Unggas 

Membekukan daging sapi atau unggas bisa membantu Moms untuk menghemat dengan membeli sedikit lebih banyak ketika ada potongan harga. Saat membekukan daging pastikan kemasannya benar-benar kedap udara supaya kualitas daging tetap terjaga. Bahkan untuk pencegahan lebih baik, Moms bisa gandakan kemasan kedap udaranya dan pastikan tidak ada udara yang terperangkap di dalamnya. 

Mentega dan Margarin 

Mentega dan margarin ternyata bisa dibekukan hingga tiga bulan lho, Moms! Hal ini bisa Moms lakukan jika memang stoknya ada banyak sekali dan untuk menghindari jamur, terutama pada mentega, karena biasanya lebih cepat rusak. 

Sayuran 

Membekukan sayuran yang sudah dipotong-potong bisa memudahkan proses memasak sepanjang minggu, Moms. Tapi tidak semua sayuran bisa dibekukan, karena beberapa rasa dan teksturnya setelah dicairkan akan berubah. Sayuran yang cocok untuk dibekukan antara lain: brokoli, kacang polong, jagung manis, wortel, kembang kol, dan kale. Beberapa rempah juga bisa dibekukan, seperti seledri, lada, atau bombay. Sedikit catatan untuk sayuran, kebanyakan akan lebih baik jika diblansir sebelum dibekukan. 

Buah 

Buah juga bisa dibekukan untuk mengawetkannya, Moms. Beri-berian, pisang, bahkan semangka bisa dibekukan dan akan jadi campuran yang lezat untuk smoothies atau sorbet buah. 

Nah, itu dia beberapa bahan makanan yang bisa dibekukan. Ada lagi yang Moms bisa tambahkan? Tulis di kolom komentar ya!