Di masa pandemi seperti sekarang ini, bepergian ke pasar atau supermarket akan terasa menakutkan karena dihantui tertular COVID-19. Hal ini tentunya menuntut para Moms untuk lebih bijak mengatur strategi agar tidak perlu sering keluar rumah tapi tatanan hidup di rumah tidak terganggu. 

Strategi mengatur belanjaan di rumah salah satunya dengan "food preparation". Metode ini membuat Moms tidak perlu sering belanja karena Moms bisa membeli bahan makanan dalam jumlah cukup banyak,  kemudian menyimpannya di rumah, lalu  digunakan untuk beberapa hari ke depan.  

Berbagai jenis bahan makanan bisa disimpan dalam waktu lama, tergantung dari jenis dan cara penyimpanannya. Berbeda dengan sebelumnya, saat ini Moms mungkin membeli lebih banyak buah sebagai stok di rumah, daripada makanan lain. Selain sebagai sumber serat, buah  mengandung banyak vitamin yang baik untuk daya tahan tubuh di musim pandemi seperti sekarang. Nah, kulkas atau pendingin menjadi salah satu tempat penyimpanan andalan Moms agar buah tidak cepat membusuk. 

Namun, perlu diingat Moms, tidak semua buah bisa masuk ke dalam kulkas, lho. Ada beberapa buah yang tidak disarankan masuk ke kulkas, yaitu: 

Pisang 

Pisang merupakan salah satu buah yang sebaiknya jangan dimasukkan ke dalam kulkas karena kulit buahnya akan berubah menjadi kehitaman dan mempengaruhi tekstur buah pisang. Namun, pisang yang sudah dikupas/potong,  bisa dimasukkan ke dalam freezer untuk kemudian dijadikan bahan pembuatan smoothies. 

Alpukat

Alpukat menjadi salah satu  buah favorit karena  rasanya yang nikmat. Buah alpukat juga tidak perlu masuk ke dalam kulkas. Bila sudah matang, sebaiknya segera dikonsumsi karena ketika  dimasukkan ke dalam kulkas, maka rasa alpukat akan segera berubah. 

Keluarga Buah Citrus

Termasuk keluarga buah citrus adalah jeruk dan lemon. Buah jenis ini akan mengalami lebih cepat pembusukan dan pertumbuhan jamur jika disimpan di dalam kulkas terlalu lama. Buah yang berjamur atau busuk akan dengan cepat mempengaruhi buah segar lainnya. 

Keluarga Berries 

Keluarga berries termasuk di dalamnya adalah stroberi, blackberry, raspberry dan blueberry, juga tidak disarankan masuk ke dalam kulkas karena akan mengurangi dan mempercepat pembusukan. Buah keluarga berries ini akan lebih nikmat disantap langsung, Moms. 

Melon 

Melon sangat segar jika dinikmati dingin atau menjadi campuran es buah. Tapi melon tidak dianjurkan untuk disimpan di dalam kulkas karena akan mengubah  tekstur  melon menjadi sedikit lembek. 

Baca Juga : Daftar Buah yang Tidak Harus Masuk Kulkas