Coba cek  dapur Moms. Apakah semua bahan makanan yang terdapat di dapur itu Moms olah semuanya menjadi makanan? Tanpa sadar kita menumpuk bahan makanan menjadi membusuk sia-sia, bahkan sebelum disajikan ke piring makan.  

Sebuah survei di Inggris yang dilakukan WRAP, lembaga nirlaba yang mendorong penggunaan sumber daya yang berkelanjutan, memperlihatkan setiap rumah rumah tangga di Inggris  setidaknya membuang sekitar £700 atau sekitar 13,5 juta rupiah ke tempat sampah?  

Jika limbah makanan adalah sebuah negara, itu akan menjadi penghasil gas rumah kaca tertinggi ketiga setelah AS dan China, menurut PBB.

Jadi alangkah baiknya Moms turut berpartispasi untuk mengurangi limbah makanan. Bukan hanya baik planet bumi yang kita tinggali, tapi memberi tambahan untuk dompet Moms. Menghindarkan limbah makanan, menurut Dr Michael Mosley, seorang broadcaster yang juga dokter dan dietian yang terkenal dengan metode diet 5:2, juga baik bagi  kesehatan.  Berikut beberapa tip dari Dr. Michel menghindarkan terjadi limbah pada beberapa makanan:

Roti

Menurut laporan WRAP. setidaknya 24 juta roti tawar yang  dibuang setiap hari di Inggris, karena basi atau berjamur. Roti berjamur harus selalu dibuang. Tetapi roti yang tidak bisa Moms habiskan di hari ini bisa diolah menjadi bread pudding atau dipanggang menjadi remah roti untuk sup.

Cara lain, memastikan roti ini tidak menjadi limbah adalah menyimpan roti  di freezer, keluarkan untuk potongan yang Moms butuhkan saja. Membekukan roti juga mengubah pati di dalamnya menjadi pati resisten, yang sulit diserap tubuh. Akibatnya, lebih sedikit kalori yang diserap oleh tubuh dan lebih banyak tersedia untuk mikrobioma (bakteri usus) yang baik bagi pencernaan. 

Jika Moms menggunakan tempat roti, pastikan membersihkan remah-remah roti lama. Jamur  dari roti lama, walaupun hanya kecil, dapat dengan mudah mencemari roti baru.

Nasi

Memanaskan kembali nasi didianggap berbahaya bagi banyak orang. Itu karena nasi sering dihinggapi bakteri yang disebut bacillus cereus, yang menghasilkan racun yang  membawa penyakit. Tetapi selama Moms menyimpan sisa nasi ini di lemari es, bakteri itu tidak akan berkembang. 

Perkirakan nasi yang ingin dihabiskan hari itu. Lalu, sisanya simpan di kulkas dalam waktu sekitar satu jam setelah nasi masak. Keesokan hari, Moms tinggal memanaskan di microwave atau kukusan. Rasanya tidak akan berubah.

Seperti halnya roti, memasak, mendinginkan, dan memanaskan kembali nasi mengubah pati menjadi pati resisten. Hal yang sama berlaku untuk pasta. Jadi, alih-alih membuangnya, Moms bisa mendinginkan dan memanaskannya kembali keesokan harinya.

Keju

Paparan udara memiliki efek penuaan pada keju. Idealnya, Moms  perlu membungkusnya dua kali dan memasukkannya ke dalam wadah plastik di area chiller dari kulkas.  

Bagaimana jika terlihat jamur? Potong berjamur hingga melebar sekitar  satu sentimeter atau lebih bagian keju yang tampak sehat. Sisanya aman untuk dimakan. Ini berlaku untuk keju yang padat. Bila keju lunak seperti jenis brie, Moms harus buang. Karena akan membawa mikotoksin dan amina biogenik yang membawa penyakit. 

Sayuran

Penempatan sayuran pada umumya di bagian bawah lemari es. Akibat posisi di bawah ini akhirnya Moms melupakannya. Sayuran pun membusuk. 

Ubah posisi peletakan sayuran ini ke  rak tengah kulkas. Moms akan melihatnya setiap kali membuka lemari es, sehingga kecil kemungkinan untuk terbuang sia-sia. Bila mulai agak layu, segera potong-potong untuk ditumis dengan telur dadar atau dijadikan sebagai bahan dasar sup. Nutrisi dan serat tetap akan Moms dapatkan. 

Kentang

Kentang adalah makanan bertepung lain yang bisa dimasak, didinginkan di kulkas atau freezer, dan dipanaskan kembali. Misalnya mashed potatoes

Untuk kentang yang masih utuh, coba cek : apakah ada yng sudah menjadi hijau atau lembek? Jika ada, segera buang. Warna hijau menunjukkan tingkat racun yang tinggi yang dikenal sebagai glycoalkaloids.

Bagaimana dengan kentang bertunas?  Itu berarti kentang siap tumbuh. Potong saja tunasnya. Kentang pun aman untuk dimasak.

Pisang

Pisang adalah buah yang paling digemari, tapi juga paling banyak dibuang. Di Inggris, lebih dari 300 juta dibuang setiap tahun, kata WRAP. Sayang bukan?

Simpan pisang pada suhu kamar. Jauhkan dari produk lain yang melepaskan gas etilen, seperti alpukat, tomat, dan apel, karena akan membuatnya lebih cepat matang. Pisang terlalu masak bisa Moms olah seperti dibuat lepet pisang atau bolu pisang.

Baca Juga :Tip Kurangi Limbah Masker Medis Sekali Pakai