Kompor adalah salah satu alat rumah tangga yang sangat penting karena berkaitan dengan proses memasak makanan keluarga. Mayoritas rumah tangga di Indonesia menggunakan kompor gas untuk proses memasaknya, sementara sebagian kecil menggunakan kompor induksi, dan mungkin sebagian yang lebih kecil masih menggunakan kompor minyak tanah. 

Apakah Moms juga salah satu pengguna kompor gas? Tahukah Moms, bahwa kompor gas butuh dibersihkan secara berkala supaya tetap awet dan menghindari kontaminasi bakteri penyakit ke makanan? Nah, buat Moms yang belum tahu cara membersihkan kompor gas, bisa disimak ulasannya berikut ini. 

1. Lepaskan Tungku dan Cincinnya

Cara membersihkan kompor gas yang pertama adalah dengan mencopot komponen-komponennya seperti tungku dan cincin (ring) kompor, dan knopnya. Untuk menghilangkan kerak pada cincin, Moms bisa merendamnya dengan air panas dan sabun dan membiarkannya selama 2-4 jam. Setelahnya baru digosok dan dibilas dengan air bersih. 

Sedangkan utuk tungku, Moms bisa menggunakan krim pembersih khusus dapur ketimbang air sabun. Hal ini karena tungku yang basah bisa memengaruhi api yang dihasilkan kompor. Moms bisa mengoleskan krim tersebut dan menunggu beberapa saat sebelum menyekanya. Usahakan tungkunya telah kering ya Moms, sebelum memasangnya kembali. Untuk knop Moms bisa mencucinya dengan air sabun dan mengeringkan sebelum dipasang.

2. Seka Badan Kompor

Badan kompor biasanya terbuat dari stainless steel dan lebih mudah dibersihkan. Selain menggunakan krim pembersih, Moms juga menggunakan lemon dan soda kue untuk menghilangkan kerak pada kompor. Caranya tidak sulit, cukup peras lemon lalu campurkan dengan soda kue, lalu oles adonan tersebut menggunakan kuas pada kompor. Sebelum Moms menyekanya dengan kain basah, diamkan dulu sekitar setengah jam ya supaya keraknya rontok. Setelahnya bisa disikat dengan sikat gigi untuk bagian yang berkarat. Jangan lupa keringkan kompor sebelum digunakan ya.

3. Bersihkan Bagian Bawah Kompor

Seringkali ada remah-remah makanan atau tetesan minyak yang menumpuk di bawah kompor yang terjatuh ketika proses memasak. Ini juga harus dibersihkan ya, Moms. 

Nah itu dia cara membersihkan kompor gas di rumah, Moms. Selain lemon dan soda kue, Moms juga bisa mencoba cuka apel sebagai ganti cairan pembersih. Kulit lemon dan garam pun juga bisa dicoba sebagai alternatif. Selamat bebersih, Moms!

Baca Juga :Cara Mudah Merawat Kompor Gas