Masyarakat Indonesia umumnya mengenal 2 bahan dasar minyak, yakni minyak yang berasal dari kelapa sawit dan buah kelapa. Minyak yang berasal dari buah kelapa dikenal lebih "baik" untuk tubuh. Memiliki aroma khas yang menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar minyak kelapa. 

Minyak kelapa dikenal memiliki banyak sekali manfaat untuk kita. Mulai dari kulit, rambut hingga kesehatan tubuh. Selain itu, minyak kelapa juga menjadi sumber lemak baik untuk tubuh. Minyak kelapa juga mengandung Vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

Dewasa ini produk-produk yang memiliki bahan dasar minyak kelapa sangat mudah ditemukan di pasaran. Sampo, sabun hingga produk makanan menggunakan minyak kelapa sebagai bahan dasarnya. Tapi, tahukah Moms? Minyak kelapa sudah digunakan sejak dulu untuk kegiatan sehari-hari masyarakat kita. 

Tak harus membeli, Moms juga bisa membuat minyak kelapa sendiri di rumah. Berikut caranya:

Alat dan bahan: 

1 Buah kelapa

Air sekucupnya

Kuali besar

Saringan tahu

Cara Membuat : 

  1. Parut Kelapa, sisihkan.
  2. Masukkan air.
  3. Peras dan ambil santannya saja. 
  4. Panaskan santan kurang lebih 2-4 jam. 
  5. Akan terlihat air dan minyak berpisah secara perlahan. 
  6. Jika minyak sudah terlihat dengan jelas, segera angkat dari kompor.
  7. Saring santan yang sudah dipanaskan tadi.
  8. Butuh beberapa kali penyaringan hingga residu dari santan bersih. 
  9. Simpan di tempat yang kering dan bersih.  

Jika pembuatan minyak kelapa bersih serta residu dan santan tidak ada, maka, minyak kelapa ini akan tahan beberapa bulan. Selain digunakan sebagai minyak untuk memasak, Moms juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai bahan dasar perawatan tubuh. 

Untuk penggunaan pada rambut, Moms bisa memberikan beberapa bunga kering ke dalam campuran minyak kelapa untuk menambah aromanya. Sedangkan bila digunakan sebagai minyak untuk memasak,  Moms tidak perlu memasaknya dengan suhu yang terlalu tinggi.

Bagaimana Moms? Mudah, bukan? Yuk, dipraktikkan di rumah.