Nugget merupakan salah satu makanan favorit anak. Rasa gurih dan menjadi incaran yang disukai si Kecil

Bahan nugget adalah ayam, Moms,  sebuah protein yang baik. Namun dalam pengolahannya bisa jadi ditambahkan zat tertentu yang memberikan risiko kesehatan bagi anak. Belum lagi, jika salah dalam menggorengnya. Siap-siap saja si Kecil menyantap makanan dengan tumpukan kolesterol. 

Tapi, tak semua nugget itu tidak sehat. Seperti resep di bawah ini.  Bahan dasarnya sayuran dan kacang yang kaya serat, vitamin dan nutrisi. Rasanya pun enak. Dan, Moms tak perlu khawatir soal kandungan minyak untuk menggoreng. Karena nugget ini dipanggang. Tapi soal dan kerenyahan, boleh diadu.  

Bahan utama: 

300 gr kembang kol kuntum (atau 3/4 kembang kol kecil)

2 wortel, cincang ( hingga sekitar 165g)

Bawang bombay sedang, cincang

1 sdm minyak zaitun

1 siung bawang putih, geprek

2 sdm nutritional yeast atau ragi nutrisi

2 sdt yeast extract atau ragi ekstrak

400 gr kaleng kacang cannellini (kacang putih),  cuci dan tiriskan

50 gr tepung chickpea (kacang arab) atau tepung gram

minyak zaitun, untuk mengolesi nampan kue

Bahan pelapis/pencelup:

100 gr tepung chickpea, sisihkan juga ekstra tepung ini pelapis kering

100 gr tepung roti (pilih bebas gluten jika ada)

Cara membuat: 

Langkah 1: 

Langkah 2: 

Langkah 3:

Langkah  4 :

Langkah 5 :

Kandungan Nutrisi

Kalori : 55 Lemak: 1 gr

Karbohidrat: 8 gr Gula: 1 gr

Serat: 2 gr Protein: 3 gr

Garam: 0.2 gr

Ada beberapa bahan ini yang mungkin jarang Moms dengar, seperti nutrional yeast, kacang cannellini dan tepung chickpea. Bahan seperti ini mungkin Moms susah mendapatkannya bila mencari di pasar tradisional. Tapi, beberapa toko online di berbagai virtual market place menjualnya. Jadi, Moms tinggal klik ponsel saja untuk mendapatkannya.  

Sebagai informasi, nutrional yeast atau ragi nutrisi adalah ragi dan jamur yang dinonaktifkan. Kacang cannellini disebut kacang putih. Bahan ini biasa dipakai dalam masakan Itali dan Prancis.  Sedangkan tepung chickpea atau tepung kacang Arab memilki beberapa nama lain, yakni tepung gram dan tepung garbanzo. Masakan India cukup sering memakai tepung ini. Mereka menamakannya Pattu Besan.

Pemakaian bahan yang sedikit ‘asing’ untuk resep nugget ini tentu ada alasannya. Seperti memakai nutrional yeast karena ragi nutrisi memberikan rasa umami serta mengandung vitamin dan nutrisi baik bagi anak. 

Tepung chickpea juga bagus untuk bahan makanan anak. Tepung ini free gluten dan kaya protein. Begitu pula kacang cannelini. Kacang ini membantu tubuh untuk mengurangi jumlah zat tepung yang diubah menjadi gula dalam proses pencernaan, sehingga mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh. 

Sehat banget kan Moms… Jadi pastikan mencobanya untuk makanan sehat si Kecil dan keluarga!

Baca Juga :Resep Nugget Ayam Sayur (1 Tahun ke Atas)