Menjaga kondisi rumah selalu bersih dan bebas virus serta kuman, harus dilakukan secara rutin. Terutama dalam kondisi pandemi COVID-19 seperti sekarang.

Untuk membuat rumah terlihat bersih dan wangi, Moms tentunya membutuhkan produk pembersih yang biasa dijual di pasaran. Untuk mengurangi paparan bahan kimia yang terdapat di dalam produk pembersih, juga dalam rangka penghematan belanja bulanan, Moms bisa membuat produk-produk tersebut di rumah dari bahan yang sederhana dan mudah didapat. Yuk, simak caranya. 

Pembersih jendela dan kaca

Jika Moms belum pernah membuat produk pembersih sendiri, mulailah dari sini. Untuk membuatnya  sangat mudah. Siapkan  2 gelas air, lalu tambahkan masing-masing 2 sendok makan cuka putih (white vinegar) dan alkohol. Aduk-aduk, jadi, deh

Untuk wangi yang segar, Moms bisa  menambahkan beberapa tetes minyak esensial favorit. Untuk memudahkan penyemprotan, tinggal Moms taruh di dalam botol spray. Tinggal pesan di market place. Banyak pilihan dari wadah penyemrot kaca maupun plastik.

Disinfektan

H2O2 atau Hidrogen peroksida sangat ampuh sebagai cairan disinfektan, terutama untuk membunuh kuman di area  wastafel, ubin, dan toilet berwarna putih cerah.  Namun batasi penggunaannya. 

Cara lain untuk membuat larutan pembersih di rumah adalah dengan mencampur pemutih dan air dalam botol semprot. CDC mengatakan itu dapat membantu membunuh virus, yang sangat membantu untuk membersihkan permukaan di rumah Moms selama pandemi  virus Corona. 

Scrub wastafel

Wastafel dapur adalah salah satu tempat paling kotor di rumah. Jika Moms tidak percaya, coba bersihkan dengan kertas tissue, dan lihat kotoran yang banyak menempel.  Itu sebabnya, Moms perlu  menggosok wastafel ini setiap hari. Lebih baik di waktu malam hari. 

Buat ramuan scrub pembersih untuk menghilangkan nodanya. Tidak rumit. Cukup manfaatkan secangkir soda kue yang dicampur dengan 10 tetes minyak esensial, seperti lemon. Setelah itu, taburkan ke seluruh wastafel, lalu beri setetes sabun cair cuci piring. Kemudian, gosok seluruh area wastafel. Hasilnya wastafel akan bebas kotoran dan kinclong. 

Pembersih serbaguna

Produk serbaguna ini cukup mahal harganya. Apalagi bila membeli yang berlabel organic. Padahal bisa, lho, membuatnya sendiri. harganya sangat murah, praktis pembuatannya. Moms cukup menggunakan dua bahan, yaitu alkohol dan sabun cair cuci piring. Caranya, Moms campurkan 2 sendok makan alkohol, 1 gelas air, dan hanya 1/4 sendok teh sabun cuci piring ke dalam botol semprot. Lalu, kocok hingga tercampur rata. Lalu, gunakan pembersih ini untuk membuat barang di rumah terlihat kinclong.

Pelembut pakaian

Selain detergen, pelembut pakaian adalah barang yang selalu dicari Moms, apalagi bila Moms memiliki bayi dan balita. Masalahnya Moms, produk yang dijual di pasaran itu mengandung bahan kimia yang kurang baik untuk kesehatan si Kecil. Moms tentunya tidak ingin si Kecil terkontaminasi bahan kimia pada bajunya sehari-hari

Jadi Moms, untuk melembutkan pakaian cukup lakukan secara natural. Caranya, tambahkan 1 cangkir cuka putih ke dalam mesin cuci saat  akan memutar mesin cuci.  Bau asam dong? Jangan khawatir. Tidak Moms. Handuk, selimut maupun pakaian anak yang Moms masukkan ke dalam tidak akan berbau seperti. Bau asam dari cuka putih akan benar-benar hilang begitu mesin cuci berputar. 

Pembersih lantai

Saat akan mengepel lantai, tuangkan satu galon air panas ke dalam ember dan tambahkan 1/2 cangkir cuka putih ditambah beberapa tetes minyak esensial lemon. Solusi ini membuat lantai Moms  bersih dan segar.