Selain gula pasir, ada gula apa lagi nih, yang ada di dapur Moms? Gula aren atau gula merah? Eits, tahu enggak Moms,  kalau gula aren dan gula merah itu ternyata berbeda lho. Apa sih, beda keduanya? 

Bentuk dan warna gula merah memang mirip dengan gula aren. Itu sebabnya, masih banyak Moms yang menganggap kedua gula itu adalah sama. Padahal, kedua gula ini berbeda asal, Moms. 

Apa itu Gula Aren?

Gula aren terbuat dari sari atau nira pohon aren yang dikenal dengan sebutan enau aren asli. Tanaman ini berasal dari keluarga palem, Moms. Memiliki warna cokelat gelap bahkan cenderung hitam, gula aren memiliki rasa yang lebih manis dengan aroma yang cukup kuat dibanding gula merah. 

Gula aren juga memiliki tekstur yang kental, sehingga banyak digunakan sebagai tambahan atau pemanis  pada minuman es seperti cendol, dawet dan juga bubur sumsum, Moms. Kini, gula aren lebih banyak digunakan untuk pembuatan minuman kekinian seperti boba dan es kopi gula aren. 

Gula aren sangat baik untuk kesehatan dan sangat cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes Moms. Karena gula aren tidak memiliki insulin yang berpengaruh pada penderita diabetes. Bukan hanya itu, gula ini juga memiliki kandungan kalium yang lebih tinggi daripada jenis gula lainnya. 

Apa itu Gula Merah?

Gula merah terbuat dari bahan dasar nira pohon kelapa. Berasal dari proses penyadapan batang tanaman pada tumbuhan jenis palem seperti kurma, aren, sagu dan kelapa. Gula merah juga dikenal dengan nama gula jawa, Moms. 

Lalu, untuk mendapatkan bentuk seperti gula merah yang Moms temui di pasaran, nira diolah dengan cara  direbus hingga berbentuk karamel. Kemudian dibentuk menyerupai silinder atau batok kelapa. 

Moms bisa menemukan gula merah ini pada campuran makanan  tradisional seperti semur, kecap, hingga gudeg.  Gula jawa memiliki warna serta aroma yang tak begitu kuat sehingga tak banyak memengaruhi rasa makanan.

Gula merah memiliki kandungan vitamin C, fosfor, kalium dan zat besi yang bagus untuk kesehatan tubuh,  Moms.  So, enggak ada salahnya Moms sesekali menggunakan gula merah untuk menambah citarasa pada makanan. 

Persamaan gula Aren dan gula Merah 

Meskipun berbeda dari manfaat dan kandungannya,  gula aren dan gula merah juga memiliki persamaan, Moms. Apa persamaannya? Pada proses pembuatan, Moms. Keduanya sama-sama direbus dan dicetak dengan batok kelapa dengan ukuran separuhnya. 

Nah, sudah tahu kan, Moms apa perbedaan dari gula aren dan gula merah? Jangan sampai salah lagi ya saat membelinya.  Semoga bermanfaat. 

Baca Juga :Brown Sugar VS Gula Putih, Mana yang Lebih Baik?