Moms, setuju tidak ahwa di zaman sekarang, urusan memasak bukan hanya khusus untuk para istri lho. Bahkan, kegiatan memasak bisa juga dikerjakan oleh siapa pun yang sedang stres atau jenuh. Sesuai dengan pernyataan seorang konselor bernama Nicole Lambert dari Movement Counseling Service,  bahwa memasak membantu menjaga kesehatan mental. Karena membutuhkan kreativitas dan menjadi salah satu jalan menyalurkan energi, 

Nah, supaya mood masak juga makin meningkat, perlu didukung peralatan memasak yang bersih ya, Moms. Jangan sampai, peralatan memasak yang berkerak dan noda, justru jadi penghambat Moms berkreasi di dapur. 

Tenang aja, Moms. Tak  perlu ribet dan mahal kok, Moms. Cukup sediakan baking soda atau soda kue di rumah, untuk melenyapkan segala noda dan kerak membandel yang ada di peralatan masak Moms. Penasaran dengan fungsi dari baking soda? Yuk disimak, Moms :

1. Membersihkan panci dan wajan 

Panci dan wajan rasanya menjadi perangkat dapur yang paling sering digunakan untuk memasak ya, Moms. Jadi nggak heran nih, kalau banyak minyak dan kerak lengket yang tertinggal. Untuk menghilangkannya, Moms cukup merendam panci dan wajan yang berminyak, dengan air panas yang sudah dicampur dengan baking soda. Diamkan beberapa saat. Kemudian bersihkan dengan sponge scrub.

2. Menghilangkan noda bekas teh dan kopi di cangkir

Untuk noda pada cangkir, Moms hanya tinggal taburkan sedikit baking soda ke bagian bawah cangkir. Tambahkan air secukupnya, kemudian gosok pada bagian yang bernoda. Terakhir, Moms bisa bilas dan cuci cangkir atau gelas seperti biasa. 

3. Mengatasi saluran air yang mampet 

Saluran air pada wastafel, bisa jadi saluran air yang sering mampet, akibat lemak dan minyak yang menumpuk, akibat pembuangan dari piring dan gelas kotor, saat dicuci. Nah, cara bersihkannya, Moms cukup menuangkan setengah cangkir soda kue ke dalam saluran air, ditambah setengah cangkir cuka. Tutupi dengan kain basah, tunggu kurang lebih lima menit. Kemudian siram dengan air panas. 

4. Pembersih oven atau microwave 

Kalau di rumah sudah ada baking soda, Moms tidak perlu lagi untuk malas membersihkan oven atau microwave. Caranya, racik baking soda dengan air atau cuka. Kemudian, lepaskan rak oven atau microwave dari tempatnya. Rendam semua bagian oven atau microwave di dalam air panas. Bila air sudah agak hangat, segera bersihkan dengan sponge. Cara ini juga bisa digunakan untuk membersihkan dinding microwave ya, Moms. Tapi perlu didiamkan selama 24 jam. Bila sudah 24 jam, Moms bisa membersihkan dinding microwave dengan kain, supaya kerak terangkat.

5. Pembersih perabotan berbahan plastik

 Bagi Moms, yang masih punya bayi atau balita, bisa jadi masih banyak perabotan makan yang terbuat dari bahan plastik. Nah, bila perabotan tersebut beraroma atau bernoda, Moms juga bisa membersihkannya dengan baking soda, lho. Caranya, cukup rendam perabotan yang bernoda, dalam larutan air hangat, yang sudah dicampur seperempat cangkir baking soda. Diamkan kurang lebih satu hingga dua jam. Kemudian bersihkan dengan air. 

Wah, selama ada baking soda, ternyata mudah ya Moms untuk menghilangkan noda kerak berminyak pada peralatan dapur. Selamat mencoba, Moms! 

Baca Juga :Manfaat Baking Soda untuk Rumah Tangga