Tiap kali ada acara selalu bingung memilih baju yang akan dipakai? Dan sering merasa tidak punya baju sehingga harus beli baju baru beserta hijabnya? Apa yang Moms rasakan, sama persis dengan aku. Alhasil lemari penuh,  dan kalau sudah begini jadi bingung sendiri baju sebanyak ini mau diapakan. 

Belum lagi selalu saja ada keluaran fashion terbaru yang membuat kita jadi ‘terpaksa’ harus membelinya biar selalu up to date. Jadilah tumpukan baju semakin menggunung. 

Agar  tidak terlalu banyak menumpuk pakaian, berikut ini adalah cara yang bisa Moms lakukan untuk mendaur ulang pakaian yang tidak lagi terpakai:

1. Donasi 

Mendonasikan pakaian bekas ke panti asuhan atau toko barang bekas bisa menjadi cara yang paling mudah untuk dilakukan. Selain dapat mengurangi pakaian yang menumpuk di rumah, Moms  juga bisa membantu orang lain yang membutuhkan. Tempat penampungan hewan juga sering menerima handuk dan seprai bekas, yang digunakan untuk melapisi kandang hewan peliharaan, mengeringkan anjing basah, dan berbagai tujuan lainnya.  

2. Menjual pakaian

 Menjual pakaian di toko pakaian bekas atau menjualnya secara online bisa menjadi pilihan. Selain bisa mengurangi sampah, lumayan lho, Moms dapat tambahan uang dari hasil penjualan pakaian bekas tersebut. 

3. Mendaur ulang tekstil 

 Meskipun, tidak termasuk dalam tempat sampah daur ulang, pakaian dapat didaur ulang dengan cara lain. Pusat daur ulang tekstil biasanya akan menerima dan menyortir pakaian yang kondisinya tidak cukup baik untuk disumbangkan atau dijual, seperti barang yang memiliki noda dan robek. Para pengusaha kecil biasanya akan mendaur ulang kembali dan membuatnya menjadi barang lain. 

4. Menjadikan kompos 

Percaya atau tidak, pakaian dan tekstil lainnya bisa menjadi bahan kompos yang bagus. Carilah bahan serat alami yang terbuat dari wol murni, katun, sutra, atau linen yang sudah tua atau rusak untuk disumbangkan, dan potong kecil-kecil untuk mempercepat proses pengomposan. 

Salah satu cara yang sering aku lakukan adalah dengan membuat DIY, misalnya menjadikan kemeja suami sebagai dress untuk si Kecil. Caranya: 

  1. Siapkan kemeja tak terpakai 
  2. Siapkan baju si Kecil 
  3. Letakkan baju si Kecil di atas kemeja dan buat pola cutting 
  4. Gunting pola, lalu setiap bagian pinggir dijahit manual dengan tangan atau mesin jahit. 
  5. Baju si Kecil siap dipakai. 

Sedangkan untuk bahan kaos, bisa dibuat  sprei. Jadi siapakan kaos lalu gunting persegi. Susun berdasarkan warna atau acak, lalu dijahit deh. Untuk bagian pinggiran sprei bisa ditambah renda biar semakin manis. Lumayan bukan, bisa menghemat bujet untuk membeli sprei baru.  Aku selalu terinspirasi dari berbagai postingan DIY.

Baca Juga :Cara Mudah Mendaur Ulang Pakaian