Idul Adha sudah berlalu, apakah persediaan daging Moms masih ada? Bagaimana kalau diolah menjadi masakan khas Sumatera Barat yaitu rendang? Mau dong. Sebelumnya, Moms sudah tahu belum, bahwa makanan dengan citarasa pedas ini menjadi salah satu menu makanan terbaik di dunia pada April 2021 versi CNN! Rendang menjadi urutan ke-11 dari 50 makanan lain di dunia. Sajian khas dari Minang ini memang dikenal di seluruh penjuru dunia, Moms. 

Sejarah Rendang Ranah Minang 

Sadar nggak sih Moms, kemana pun Moms pergi masakan khas Minang satu ini selalu ada yang menjualnya? Bahkan, bukan hanya di Indonesia saja, ternyata rendang juga bisa ditemukan di luar negeri.Dan yang paling mengejutkan, rendang juga menjadi masakan terpopuler di beberapa negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina dan Thailand. 

Kabarnya nih Moms, asal muasal rendang dapat dikenal hingga ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan dunia, karena orang Minang atau penduduk asli Minang yang berada di perantauan, mengenalkan  masakan ini di tempat-tempat perantauannya.

Di Sumatra Barat sendiri, rendang memiliki nama asli randang yaitu olahan daging yang dimasak dengan tungku dalam waktu yang cukup lama dan dicampurkan bersamaan rempah-rempah dengan santan yang cukup banyak. 

Untuk memasak rendang yang empuk dan enak, biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam atau hingga santan yang telah tercampur rempah-rempah dan daging berwarna hitam pekat. Dari dulu hingga kini, rendang menjadi menu wajib saat upacara adat atau pesta pernikahan orang Minang. 

Sedangkan bagi anak rantau, rendang menjadi salah satu makanan wajib untuk dibawa saat menuju tanah rantauannya. Mengapa? Karena rendang dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama. Beberapa orang Minang sendiri percaya bahwa membawa rendang ke tanah rantau, rasanya akan semakin pedas dan nikmat karena  jauh dari asal rendang tersebut dibuat. 

Resep Asli Rendang Ranah Minang 

Biasanya setiap daerah memiliki resep rendang yang berbeda-beda, bahkan saat ini ada bumbu lengkap untuk membuat rendang. Namun, rasanya juga tentu berbeda ya, Moms. Berikut adalah resep asli rendang Ranah Minang yang bisa dicoba sendiri di rumah. Sekadar info nih Moms, resep ini adalah resep keluarga saya asli dari Sumatra Barat tepatnya Pariaman. 

Daripada penasaran, yuk siapkan bahan-bahan berikut: 

Siapkan 1 kg daging sapi segar (Boleh dicampur dengan hati, limpa dan paru) potong sesuai dengan selera 

3 butir kelapa yang sedikit tua lalu peras menjadi santan 

½ kg cabe giling halus (Tingkat kepedasan bisa disesuaikan)

1 ons lengkuas dihaluskan 

½ ons jahe dihaluskan 

1 ons bawang merah dihaluskan 

1 ½ butir bawang putih dihaluskan 

6 lembar daun jeruk 

3 batang serai memarkan 

3 lembar daun kunyit 

Bumbu Rendang 

1 buah pala 

1 sendok makan ketumbar 

3 cm kulit manis 

3 buah cengkeh 

3 buah kapulaga 

Bumbu rendang ini dioseng, setelah itu haluskan 

Cara Membuatnya: 

Sebagai tambahan, Moms bisa nih menambahkan kentang kecil khusus rendang atau kacang merah yang sudah direbus dan digoreng menjadi garing yang dapat disatukan ke dalam rendang yang sudah dibuat. Selamat mencoba!