Ubi adalah salah tahu bahan pangan yang seringkali dianggap sebagai makanan ‘kampung’. Padahal, tahukah Moms, ubi manis tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan lho. 

Ubi manis merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang baik. Di dalam ubi manis terkandung dua macam serat: serat larut air dan serat tidak larut air. Kandungan serat yang dimiliki ubi manis bermanfaat untuk kesehatan pencernaan karena bisa menjadi makanan untuk bakteri baik di perut kita. Selain itu, ubi manis juga kaya antioksidan yang bisa membantu memelihara kesehatan. 

Nah, tapi enaknya diolah seperti apa ya ubi ini biar tidak jadi camilan yang membosankan? Moms bisa coba resep muffin ubi manis bebas gluten yang diadaptasi dari minimalistbaker.com berikut ini. 

Bahan: 

1 cangkir pure ubi manis (dari 1 ubi besar)

⅓ cangkir sirup maple atau bisa diganti gula aren atau gula kelapa sesuai selera 

¼ cangkir almond butter (jika tanpa garam, bisa ditambahkan ¼ sdt garam)

⅔ cangkir susu almond 

1 ½ sdt baking powder

2 sdt bubuk spekuk 

½ cangkir tepung bebas gluten (campuran tepung beras putih, tepung tapioka, tepung pati kentang, tepung beras coklat dengan perbandingan 1:1:2:6)

⅔ cangkir tepung almond

¼ cangkir tepung oat

Langkah: 

Bagaimana Moms?  Terdengar lezat bukan? Resep di atas cocok untuk camilan anak-anak karena tidak mengandung gula rafinasi dan telah lengkap dengan kandungan karbohidrat, serat, dan protein. Muffin yang sudah dipanggang ini juga bisa Moms bekukan sebagai stok di freezer dan dihangatkan ketika akan makan. Selamat berkreasi, Moms!