Oat adalah salah satu jenis tanaman serealia yang bebas gluten dan kaya serat serta vitamin dan mineral. Tanaman yang bernama latin Avena sativa ini populer digunakan sebagai makanan untuk sarapan karena pengolahannya yang praktis dan rasanya yang cocok dipadupadankan dengan bahan lain. 

Salah satu resep oat yang banyak digemari adalah overnight oat. Apakah Moms tertarik mencoba? Nah, bisa sontek resep overnight oat yang satu ini. 

Resep Mudah Overnight Oats 

Walaupun secara teknis Moms cuma butuh oat dan susu untuk membuat overnight oat, Moms bisa berkreasi membuat overnight oat yang lezat dengan bahan-bahan di bawah ini: - 

-½ cangkir Rolled oats. 

Untuk tekstur dan rasa yang paling pas selalu gunakan rolled oats ketimbang jenis quick oat. Untuk Moms dan keluarga yang sensitif terhadap gluten, pastikan memilih yang ada label bebas-gluten karena walaupun oat secara alami bebas gluten, dalam pengolahannya seringkali dilakukan di fasilitas yang juga memproses pangan yang mengandung gluten. 

 -½ cangkir Susu. 

Bisa susu sapi ataupun susu nabati, tergantung selera. Menggunakan air pun bisa jika Moms tidak menyukai tekstur creamy. 

 -¼ cangkir yogurt. 

Yogurt akan memberikan tambahan tekstur creamy dan rasa asam yang pas. Selain itu tambahan probiotik yang dimiliki yogurt juga baik untuk kesehatan pencernaan.

 - 1 sdm biji chia.

 Biji chia adalah trik khusus yang akan membuat overnight oat menjadi lebih kental. 

- 1 sdm sirup maple atau madu, sebagai pemanis. 

- Topping buah favorit. 

Cara membuatnya: 

  1. Campurkan semua bahan (kecuali topping) ke dalam wadah kedap udara dan aduk sampai semuanya tercampur rata. 
  2. Biarkan minimal 2 jam di kulkas. Untuk hasil terbaik diamkan selama 8 jam di dalam kulkas sebelum mengonsumsinya. Ini akan membuat hasilnya lebih creamy
  3. Sajikan dengan topping buah favorit sekeluarga. Moms juga bisa menambahkan ekstrak vanilla atau bubuk kayu manis sebagai tambahan rasa. 

Nah itu dia resep overnight oat mudah yang bisa dikonsumsi seluruh anggota keluarga untuk sarapan sehat dan praktis. Kalau buat makan malam boleh tidak, ya? Boleh, Moms. Oat bahkan bisa meningkatkan serotonin sehingga bisa membantu untuk suasana hati dan tidur yang lebih baik. Selamat mencoba!