Memasak adalah kegiatan harian yang acapkali memakan porsi waktu yang besar dari kehidupan seorang Moms. Belum lagi jika tipe anggota keluarga adalah yang mengharuskan menu berbeda di setiap jam makan. Repot sekali ya, Moms? Nah, supaya tidak terlalu lama menghabiskan waktu di dapur, Mom bisa nih, mencoba tip memasak efektif berikut ini. 

Baca Juga :Menu Masakan Lezat dan Sehat Untuk 1 Bulan

Menyusun Rencana di Kepala 

Sebelum memulai aktivitas di dapur, sempatkan satu menit menyusun langkah-langkah apa saja yang akan Moms tempuh saat memasak. Kalau Moms akan memasak beberapa menu, Moms bisa memilih yang perlu dimasak paling lama terlebih dahulu, dan membayangkan langkah-langkahnya, sembari mencari celah menyelipkan persiapan dan proses memasak menu yang lain. 

Siapkan dan Panaskan Oven 

Jika masakan yang akan Moms buat menggunakan oven, panaskan oven terlebih dahulu sebelum memulai memasak. Selain itu, keluarkan juga semua peralatan yang akan Moms gunakan, entah itu mixer atau blender. 

Didihkan Air Segera 

Apabila resep yang Moms gunakan membutuhkan air mendidih, didihkan air terlebih dahulu, dan jangan lupa tutup pancinya agar panas dan uap air tidak keluar. 

Keluarkan Semua Bahan dari Kulkas 

Mengambil bahan satu per satu akan menghabiskan banyak waktu, maka dari itu Moms sebaiknya keluarkan semua bahan yang akan diolah dan meletakkannya di nampan agar tidak bolak-balik membuka kulkas. 

Cuci Buah dan Sayur dengan Efektif 

Supaya efektif, sebelum mencuci buah dan sayuran, buang bagian yang tidak akan Moms pakai baru mencucinya. Ini akan mengurangi luas permukaan yang harus Moms cuci sehingga akan menghemat waktu dan tenaga. 

Membuat Urutan Langkah yang Pas 

Saat memasak, Moms bisa susun urutan langkah pengerjaan yang memungkinkan untuk disambi pengolahan bahan yang lain. Misalnya, seperti bawang bombay yang butuh waktu untuk karamelisasinya, Moms bisa kerjakan itu dulu, dan sembari menunggu bombay berubah warna, Moms bisa memotong bahan yang lain. 

Food Preparation 

Bagi Moms yang sudah terbiasa melakukan food preparation, proses memasak tentunya akan menjadi lebih mudah. Bahan-bahan sudah bersih dan terpotong, tinggal dimasak saja. Memang akan repot di awal, tetapi jika sudah terbiasa, food preparation akan sangat efektif membantu Moms agar tidak terlalu lama menghabiskan waktu di dapur. 

Itu dia beberapa tip memasak efektif agar tak terlalu lama di dapur. Ada lagi tip yang lain, Moms?