Menyusui adalah tantangan bagi setiap Ibu yang baru saja melahirkan. Bisa memberikan ASI Eksklusif selama 6 bulan tentunya menjadi  dambaan setiap Moms. Namun, untuk memberikan ASI Eksklusif tentu saja tidak mudah, selalu ada upaya dan usaha yang tidak ringan untuk bisa melakukannya. 

ASI, sebagaimana kita ketahui merupakan nutrisi pertama dan utama bagi setiap bayi. Dalam perjalanan menjadi seorang Ibu tentu ada masanya Moms mendapatkan berbbagai nasihat tentang ASI. Namun, nasihat tersebut tidak sepenuhnya benar, beberapa justru keliru. 

Nah, beberapa informasi keliru ini bisa membuat Moms khawatir atau bahkan berhenti memberikan ASI. Apa saja mitos dan fakta seputar ASI yang wajib diketahui? Berikut  beberapa mitos dan fakta tersebut: 

ASI pertama berwarna kuning itu basi dan harus dibuang 

Pernyataan ini adalah mitos. ASI yang pertama berwarna kuning itu adalah kolostrum. Kolostrum justru sangat dibutuhkan bayi karena mengandung antibodi dan immunoglobulin tinggi yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi yang baru lahir. 

Payudara kecil berarti ASI yang keluar sedikit 

Pernyataan ini adalah mitos. Ukuran payudara sama sekali tidak memengaruhi sedikit atau banyaknya ASI yang dihasilkan. Produksi ASI sangatlah bergantung pada sistem supply and demand. Artinya, semakin sering Moms menyusui si Kecil, maka ASI yang diproduksi akan semakin banyak. 

Minum air dingin saat menyusui bisa membuat si Kecil flu 

Pernyataan ini adalah mitos. Minum air dingin saat menyusui tak lantas membuat ASI ikut menjadi  dingin ya, Moms. Dan minuman dingin bukanlah penyebab flu. Karena penyebab flu adalah virus. Namun, jika meminum air dingin berlebihan dikhawatirkan bisa memicu virus flu menyerang Moms, kemudian Moms menularkan flu kepada si Kecil. Jadi, bukan ASI-nya yang bikin flu tapi karena tertular dari Moms yang flu. 

Memberikan ASI dapat berfungsi sebagai KB alami 

Pernyataan ini adalah fakta. Menyusui secara eksklusif ternyata memiliki efektivitas sebagai kontrasepsi alami sebesar 98%. Namun, efektivitas tersebut akan menurun setelah lewat periode ASI eksklusif selama 6 bulan. 

Memberikan ASI pada si Kecil membantu penurunan berat badan Moms 

Pernyataan ini adalah fakta. Dengan menyusui si Kecil, dalam sehari Moms bisa membakar 300 hingga 500 kalori.  Hal ini menjadikan penurunan berat badan bisa lebih cepat terjadi. Dengan menyusui, tubuh memproduksi hormon yang berfungsi untuk mengembalikan ukuran rahim, sehingga perut akan tampak lebih langsing. 

Memberikan ASI saat malam hari sangat penting 

Pernyataan ini adalah fakta. Karena pada saat malam hari hormon prolaktin yang merangsang payudara untuk memproduksi ASI berada pada level tertinggi. Sehingga sangat penting bagi Moms untuk memberikan ASI pada malam hari, karena sangat berpengaruh terhadap kelancaran produksi ASI. 

Nah Moms, sudah tahu kan, mana yang mitos dan fakta seputar ASI? Kini, Moms tak perlu lagi khawatir dengan mitos-mitos yang beredar seputar ASI ya. Selamat mengASIhi si Kecil Moms..