Tips Menyimpan MPASI Puree

Dengan alasan kepraktisan, Moms dapat membuat Makanan Pendamping ASI (MPASI) sekaligus dalam jumlah tertentu, kemudian disimpan. Ini tentunya dapat menghemat waktu, apalagi untuk Moms yang memiliki kegiatan di luar rumah atau pekerja kantoran. Nah, salah satu ragam MPASI yang dapat disimpan adalah puree, bubur lembut yang terbuat dari buah maupun sayuran yang diberikan ketika bayi berusia 6 bulan.

Makanan yang dibekukan umumnya mampu bertahan 1-2 bulan. Sayangnya, makanan yang disimpan dalam jangka waktu lama kerap mengalami perubahan rasa. Untuk itu, alangkah baiknya bila Moms menyimpan MPASI cukup 1-3 hari saja, agar rasanya tetap terjaga.

Perhatikan pula suhu freezer yang digunakan untuk menyimpan. Pastikan freezer memiliki temperatur yang baik sehingga makanan yang disimpan tetap higienis.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah wadah untuk penyimpanan makanan. Gunakan ice cube atau baby cube. Sebaiknya pilih wadah yang berpenutup yang memang khusus untuk penyimpanan di freezer, karena bila tidak akan mudah pecah.

Selanjutnya, apabila akan disajikan, keluarkan terlebih dahulu pada suhu ruangan selama kira-kira 1-2 jam. Atau, bila perlu panaskan dengan suhu 60-70 derajat Celcius dalam jumlah yang sesuai kebutuhan. Jangan menggunakan suhu yang terlalu tinggi, karena khawatir akan merusak nutrisi yang terdapat dalam bubur lembut tersebut.

Berikut langkah-langkah menyimpan bubur lembut (puree buah dan sayur):

1. Dinginkan terlebih dahulu bubur lembut yang telah selesai dimasak.

2. Masukkan bubur lembut ke dalam ice cube atau baby cube atau kotak-kotak makanan berukuran untuk satu kali penyajian, yang bersih dan berpenutup.

3. Isikan jangan terlalu penuh, kemudian tutup wadah tersebut. Bila tidak berpenutup, masukkan kotak penyimpan ke dalam kantong plastik.

4. Berikan label yang menunjukkan tanggal pembuatan dan bahan yang digunakan. Simpan dalam freezer.

5. Bila bubur lembut telah beku, keluarkan dari wadahnya. Masukkan kotak-kotak bubur lembut tadi ke dalam kantong plastik. Isi kantong plastik atau plastik klip, dengan beberapa kotak bubur lembut, upayakan jumlahnya untuk per sekali makan. Kemudian, simpan kembali ke dalam freezer