Moms, anemia tidak hanya terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Bayi pun bisa mengalami anemia. Untuk mencermati gejala anemia pada bayi tidaklah mudah. Apalagi bila anemianya tergolong ringan, sehingga sering tidak terdeteksi. Anemia adalah keadaan dimana konsentrasi hemoglobinnya berada dibawah rentang normal yang sesuai dengan umur dan jenis kelamin. Di negara berkembang termasuk Indonesia, jenis anemia yang sering ditemukan adalah anemia defisiensi besi (ADB). ADB adalah anemia yg disebabkan oleh kekurangan zat besi yang diperlukan untuk pembentukan hemoglobin.

Umumnya gejala yang muncul pada bayi dengan anemia adalah terlihat pucat. Gejala lainnya adalah lesu dan mudah letih. Bila anemianya tergolong lanjut akan terlihat gejala lain seperti; perubahan pada kukunya yang tampak cekung pada bagian tengah dan berubah menjadi tipis, penurunan daya tahan tubuh sehingga mudah terkena infeksi, penurunan aktivitas, dan ketidakmampuan mempertahankan suhu tubuh normal saat udara dingin.

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan agar bayi terhindar dari anemia, diantaranya:

Kandungan zat besi pada ASI lebih mudah diserap oleh tubuh bayi dibandingkan susu formula. Dengan demikian konsumsi ASI dapat meningkatkan asupan zat besi pada bayi. Untuk bayi yang menggunakan susu formula, dapat menggunakan susu formula yang mengandung zat besi.

Setelah mulai mengonsumsi MPASI diharapkan memanfaatkan bahan-bahan yang kaya akan zat besi. Misal, daging sapi, hati, ikan tuna atau salmon, tahu, sayuran daun hijau seperti bayam dan lain-lain. Selain itu, Pemberian vitamin C ataupun makanan yang mengandung vitamin C saat makan dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Cadangan zat besi pada bayi kurang bulan atau yang  prematur umumnya berkurang setelah berusia 2 - 3 bulan. Untuk menghindari semakin berkurangnya cadangan zat besi, berikanlah suplementasi besi sebanyak 3 mg  per kilogram berat badan per hari. Untuk  memberikan suplemen  zat besi kepada bayi  sebaiknya lakukan konsultasi dan dilakukan di bawah  pengawasan dokter.