Setiap Moms yang menyusui tentunya mengidamkan untuk sementara waktu ‘rehat’ sejenak dari tugas menyusui. Karena itu, beberapa Moms  pun berinisiatif memberikan ASI dari botol secara berkala. Namun, di tengah jalan,  ketika hendak disusui lagi, si Kecil malah  mogok diberikan ASI secara langsung,  hingga menjadi rewel,  bahkan menangis meraung-raung. Bila ini yang Moms alami, bisa jadi bayi mengalami bingung puting. 

Apa sih bingung puting? Bingung puting merupakan istilah yang luas,  tapi pengertian sederhananya adalah suatu  kondisi dimana bayi menolak untuk disusui langsung dari payudara Moms dan lebih memilih botol susu. 

Mengapa terjadi bingung puting? Pada bayi, tindakan menyusui melibatkan gerakan mulut dan rahang yang terkoordinasi dengan unik.  Ketika Moms mengganti pola menyusui dari payudara langsung ke botol susu, bayi jadi harus beradaptasi lagi  untuk mengisap dengan menggunakan botol atau dot tersebut. Namun persoalannya adalah, bentuk dot atau puting botol berbeda dengan bentuk puting pada payudara. Bahkan, aliran susu dari puting susu juga berbeda dibanding dot atau botol tersebut. Ketika bayi sudah merasa nyaman dan terbiasa dengan mengisap puting botol atau dot, dia akan mengalami kebingungan bahkan kesulitan ketika harus mengisap dari payudara langsung. Itu sebabnya, bayi menolak payudara. 

Tapi tenang Moms, bingung puting bisa diatasi, kok. Berikut ini cara mengatasi bayi bingung puting yang bisa dicoba dilansir dari Healthline: