Mengajari anak minum dari cangkir membutuhkan kesabaran. Kapan waktu terbaik untuk memperkenalkan minum dari cangkir terbuka? Sebearnya  tidak ada waktu terbaik, namun pada usia 16 hingga 17 bulan bulan, sebagian besar balita memiliki koordinasi motorik untuk minum dari cangkir terbuka. 

Jadi, kapan bisa dimulaii? Coba perkenalkan sesi latihan dengan cangkir terbuka antara 6 dan 12 bulan - banyak anak yang bisa minum dari cangkir sippy sekitar 6 hingga 9 bulan. Dan saat anak Moms  menginjak usia 12 bulan, ia mungkin sudah siap untuk memberikan botol (atau bahkan payudara). Tentu saja, akan dibutuhkan waktu untuk menguasai kombinasi keterampilan motorik halus dan kontrol otot mulut yang diperlukan untuk minum dari cangkir terbuka. Jadi, tidak perlu terburu-buru, beri si Kecil banyak kesempatan untuk berlatih, dan biarkan susu atau jus encer jatuh di mana saja. 

Apakah beralih dari sippy ke cangkir, dari payudara ke cangkir, atau dari botol ke cangkir, kunci keberhasilan adalah berlatih, sabar dan sebisa mungkin dibuat menyenangkan. Beberapa trik untuk  memperkenalkan anak  minum dari cangkir adalah sebagai berikut: 

Berikan pilihan

Membiarkan si Kecil mengambil sendiri cangkirnya akan memberinya rasa kontrol yang sangat diinginkan sebagian besar balita. Tunjukkan padanya dua dan  satu (mungkin satu cangkir dengan pegangan dan yang lainnya dengan sedotan), dan biarkan dia memilih yang menjadi favoritnya. Moms bisa memberinya pilihan cangkir yang menarik bagi balita, seperti cangkir dengan bentuk karakter kesukaannya atau cangkir yang bisa berubah warna. Semakin menarik tampilan cangkir, makin berminat si Kecil untuk meraihnya. 

Berikan contoh

Si Kecil selalu ingin melakukan apa yang dilakukan orangtua mereka.  Jadi,  jika Moms menunjukkan bagaimana cara minum dari cangkir terbuka, kemungkinan si Kecil akan segera mencobanya sendiri.  "Lihat? Beginilah minuman ibu. Mmm, enak! Sekarang kamu bisa  mencobanya, ya.”

Jadi teman minumnya

Ajak anak untuk minum bersama dengan cangkir masing-masing.  Tuang minuman ke cangkir Moms dan si Kecil. Usulkan "roti panggang" atau biskuit kesukaannya saat Moms dan si Kecil sedang menikmati minuman. 

Gunakan keduanya

Jika Moms mencoba mendorong anak  untuk menukar sippy dengan cangkir terbuka, mungkin ada baiknya ia menggunakan keduanya. Sebagai contoh, biarkan dia menggunakan sippy untuk air, tetapi cadangan cangkir terbuka untuk minuman favoritnya.

Jadikan yang pertama

Beberapa ahli menyarankan agar tidak memperkenalkan kebiasaan minum dengan cangkir sippy di tempat pertama.  Sebaliknya, ahli  merekomendasikan untuk memperkenalkan cangkir terbuka sebagai transisi dari botol . Tetapi jika cangkir sippy telah menjadi perlengkapan tetap di rumah, jangan khawatir bahwa anak telah melewatkan tonggak sejarah. Moms masih dapat melakukan transisi ke cangkir ketika anak lebih besar, dan dia akan menjadi pecinta cangkir dalam waktu singkat.