Minyak zaitun terkenal dengan manfaatnya pada kesehatan, kulit, dan rambut. Minyak zaitun adalah lemak yang diperoleh dari buah zaitun, yaitu buah tradisional di Mediterania, Moms.  

Sebuah studi yang dilakukan University of Manchester menunjukkan bahwa memijat menggunakan minyak zaitun dapat menghidrasi tubuh secara signifikan. Selain itu, banyak manfaat minyak zaitun pada bayi, beberapa di antaranya adalah: 

 

Menghilangkan kerak di kepala bayi

 

Tak jarang bayi mengalami fase di mana terdapat kerak, kering, bersisik, terkelupas, dan tampak seperti ketombe di kulit kepala, belakang telinga, atau lipatan tubuh lainnya. Penyebabnya diduga hormon yang ia dapatkan saat masih di dalam kandungan pada akhir kehamilan.  Hormon ini mengaktifkan kelenjar minyak di kulit kepalanya.

Biasanya, kerak ini dapat hilang dengan sendirinya. Namun, minyak zaitun dapat membantu membersihkannya. Campur minyak zaitun dan air dengan takaran yang sama, pijat lembut bagian kulit kepala si Kecil. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. 

Baca Juga : Membersihkan Kerak Kepala pada Bayi

 

Mempercepat pertumbuhan rambut

 

Kondisi lain pada kepala bayi selain kerak yang dialami sejumlah bayi adalah pertumbuhan rambutnya yang lebih lama dibanding bayi seusianya. Jangan khawatir, Moms, minyak zaitun terbukti dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Caranya sama dengan menghilangkan kerak di kepala bayi, yaitu memijat lembut kepala si Kecil menggunakan campuran minyak zaitun dan air. 

 

Menyembuhkan ruam popok

 

Pada awal kehidupannya, kulit bayi memang sensitif, sehingga tidak jarang bayi mengalami iritasi dan peradangan akibat menggunakan popok. Ruam ini muncul akibat lembapnya area bokong, lipatan paha, dan kelaminnya. Bisa juga diakibatkan popok yang terlalu ketat hingga infeksi bakteri. Minyak zaitun merupakan bahan alami yang dapat meredakan ruam popok pada bayi Moms. Selain itu, khasiat minyak zaitun yang melembapkan dapat menjadi pencegahan agar ruam tidak lagi muncul. Caranya, campur minyak zaitun dan air dengan rasio 2:1, aduk hingga rata dan oleskan ke area popok bayi.

Baca Juga : Ruam Popok Pada Bayi

 

Mengobati batuk

 

Minyak zaitun dapat meredakan batuk pada bayi, Moms. Pastikan untuk memberikan si Kecil ASI sebagai antibodi alami untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Saat ia batuk, Moms dapat mencampurkan empat sendok teh minyak zaitun dan tiga tetes peppermint atau minyak rosemary.  Lalu gosokkan campuran ini pada dada dan punggung bayi dengan lembut. Waktu yang paling baik untuk mengaplikasikannya pada bayi adalah pada malam hari sebelum tidur agar tidurnya lebih nyenyak.

 

Mengobati konstipasi

 

Sembelit cukup jarang dialami bayi, terutama jika ia mendapat ASI eksklusif. Namun, jika terjadi, sembelit sangat menyakitkan bagi si Kecil, Moms. Minyak zaitun dapat Moms jadikan pertolongan awal untuk mengobati konstipasi pada si Kecil, yaitu dengan memanaskan minyak zaitun hingga hangat, lalu menggosokkannya searah jarum jam pada perut bayi. Jika ia berusia lebih dari enam hingga delapan bulan, Moms dapat menambahkan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam susu atau makanannya,  dua hingga tiga kali dalam sehari. Minyak zaitun bekerja sebagai pencahar yang dapat menyembuhkan sembelit.

Baca Juga : Konsumsi Serat Untuk Mencegah Sembelit