Bayi baru lahir cenderung memiliki daya tahan tubuh lebih rentan dibandingkan orang dewasa. Selain imunitas tubuh, kulit bayi juga jauh lebih lembut dan sensitif karena fungsinya belum sempurna. 

Kulit bayi cenderung lebih sensitif terhadap beberapa zat kimia atau perubahan iklim. Negara kita yang beriklim tropis dengan sinar matahari sepanjang tahun,  mungkin tidak terlalu bersahabat bagi kulit bayi baru lahir sehingga bayi mengalami ruam, gatal, kemerahan dan sebagainya. Sebagian Moms mungkin sedang kebingungan dalam merawat kulit bayi baru lahir mereka. Berikut adalah beberapa tip perawatan kulit untuk bayi baru lahir di rumah : 

Mandi 

Yup, mandi. Mandi merupakan hal yang sangat basic atau dasar yang bisa dilakukan. Memandikan si Kecil bukan hanya bertujuan membuatnya wangi dan bersih tetapi juga memberikan kesegaran.  Gunakan produk yang aman untuk si Kecil seperti produk yang tidak memiliki kandungan alkohol hingga bahan pemicu alergi. Gunakan air hangat ketika memandikan si Kecil untuk mencegah hipotermia. Kemudian untuk sentuhan terakhir jangan lupa gunakan handuk yang lembut dan nyaman untuk si Kecil.

Baca Juga : Tips Memandikan Bayi Baru Lahir

Perhatikan penggunaan diapers 

Penggunaan diapers pada si Kecil merupakan hal yang lumrah ditemui pada masyarakat era modern. Tetapi perlu diperhatikan agar Moms memilih diapers dengan kualitas baik serta dengan ukuran yang tepat. Penggunaan diapers yang tidak tepat  akan menyebabkan iritasi di area genital si Kecil yang sering disebut sebagai ruam popok. Jangan lupa untuk selalu mengganti diapers si Kecil maksimal 4 jam sekali,  atau segera setelah si Kecil buang air besar.  Serta hindari menggunakan tisu dengan kandungan alkohol untuk membersihkan kulit si Kecil.

Baca Juga : Ruam Popok Pada Bayi

Kenali masalah kulit bayi

Selain kedua poin di atas, Moms juga harus lebih memperhatikan  masalah-masalah yang biasa terjadi pada kulit bayi. Masalah-masalah umum yang biasa ditemukan antara lain ruam popok, biang keringat hingga eksim. Konsultasikan ke dokter jika masalah-masalah tersebut Moms temukan pada si Kecil. 

Pilih baby skin care yang tepat 

Siapa bilang hanya orang dewasa yang butuh skin care ? Ternyata bayi juga butuh lho,  Moms. Tip memilih skin care pada bayi adalah hindari bahan-bahan kimia yang cenderung membuat bayi menjadi alergi atau iritasi. Gunakan produk yang sudah teruji secara klinis dan tentunya aman. Hindari produk yang memiliki kandungan alkohol, parfum dan beberapa bahan yang tidak disarankan.

Baca Juga : Cara Gunakan Skincare yang Aman pada Bayi

Jaga pakaian si Kecil tetap bersih 

Memperhatikan kebersihan pakaian dan barang-barang yang  sering si Kecil gunakan,  akan  sangat membantu untuk menghindarkan si Kecil dari masalah-masalah kulit. Jangan lupa Moms harus sering mengganti pakaian si Kecil ketika pakaian tersebut sudah kotor atau setelah digunakan.