Menyenangkan tentunya ketika baru saja memiliki bayi. Bayi yang baru lahir umumnya memiliki durasi tidur yang panjang dengan frekuensi yang cukup banyak. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi Moms terutama sebagai pemulihan pasca melahirkan. Tidak ada yang perlu ditakutkan jika Moms harus dengan terpaksa hanya berdua saja di rumah dengan new born. Berikut adalah beberapa tip yang dapat Moms praktikkan jika sedang berdua saja di rumah. 

 

Gunakan waktu istirahat si Kecil sebagai waktu istirahat Moms 

Ingat jika Moms harus selalu siap sedia kapan pun si Kecil membutuhkan. Moms juga harus rutin menyusuinya setiap dua jam. Hal ini tentu membutuhkan tenaga ekstra sehingga alangkah baiknya Moms juga beristirahat ketika si kecil beristirahat. Hal ini berguna untuk kembali mengumpulkan energi milik Moms. 

 

Bereskan pekerjaan rumah tangga semampunya 

Hal yang harus Moms ingat adalah bahwa pekerjaan rmah tangga memang tidak ada habisnya. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Moms untuk mengerjakannya hanya semampunya. Jika awalnya Moms adalah tipe perfeksionis, sekarang waktunya untuk melonggarkan sedikit karakter tersebut. Jika rumah sedikit berantakan dan Moms merasa sangat lelah, istirahat merupakan prioritas. Jika si Kecil dapat disambi, barulah Moms melanjutkan pekerjaan rumah tersebut. 

 

Pilih gendongan yang tepat untuk bayi 

Sangat sulit memahami arti tangisan bayi.. Umumnya new born menangis karena lapar sehingga Moms harus memberinya ASI. Namun ternyata tidak menutup kemungkinan ia ingin digendong atau dipeluk oleh Moms. Jika ini terjadi, dimana Moms telah memeriksa popoknya terlebih dahulu dan memastikan tidak ada hal yang membuatnya tidak nyaman, maka siap-siaplah untuk menggendongnya. Pastikan gendongan tersebut nyaman untuk Moms dan si Kecil. Jangan sampai memberi efek kurang baik pada pundak dan tulang belakang Moms atau justru membuat bayi merasa susah bernapas. 

 

Jangan lupakan me time 

Karena banyaknya frekuensi tidur si Kecil ditambah durasi tidurnya yang cukup panjang, inilah waktu yang tepat bagi Moms untuk me time. Tidak perlu pergi keluar rumah dan meninggalkan bayi, Moms hanya perlu membuat coklat panas, mendengarkan musik, menelpon kerabat, atau menonton dan membaca buku favorit. Pastikan kegiatan tersebut membuat Moms merasa fresh. Pilihlah buku, musik, serta tontonan yang menghibur dan membangkitkan suasana hati. 

 

Manfaatkan layanan pesan antar 

Menyusui identik dengan rasa lapar yang berkepanjangan. Jika tidak ada waktu untuk memasak, pilihlah layanan pesan antar. Moms dapat memesan camilan hingga lauk pauk melalui layanan tersebut. Agar tidak terlalu boros, pastikan untuk membelinya dengan jumlah beberapa porsi agar tidak perlu melakukan pemesanan berkali-kali. 

 

Bagaimana Moms? Tetap nyaman berdua saja dengan new born di rumah, tidak sulit dilakukan, bukan?