Perawatan kanguru atau kulit ke kulit, adalah teknik perawatan bayi baru lahir dimana bayi diletakkan di dada Moms sehingga terjadi perlekatan antara kulit Moms dengan bayi. 

Perawatan ini biasanya berlangsung sesaat setelah bayi dilahirkan, pada saat Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Perawatan dari kulit ke kulit (skin to skin) ini memiliki banyak sekali manfaat baik untuk Moms maupun bayi, yaitu:
- Menenangkan ibu dan anak

- Membantu bayi sedikit menangis 

- Melepaskan hormon yang menyebabkan stres dan menstabilkan suhu tubuh bayi, pernapasan,  detak jantung dan gula darah 

- Melepaskan hormon yang menurunkan stres Moms dan mempercepat proses penyembuhan 

- Membantu kolostrum (ASI yang pertama kali keluar) mengalir lebih mudah 

- Meningkatkan sistem kekebalan bayi dan melindungi dari berbagai penyakit. Bayi prematur memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, karena itu rentan terhadap alergi, infeksi, masalah makan. Kontak skin to skin sejak dini, secara dramatis mengurangi masalah ini.

- Membangun otak yang kuat melalui bau, tekstur, dan suara yang dialami bayi saat berada di dada Moms  atau Dads. 

- Membantu bayi menambah berat badan lebih cepat 

- Membantu Moms menyusui bayi lebih lama dengan membangun suplai ASI dan membuat ikatan Moms dan bayi. 

Apakah perawatan ibu kanguru hanya untuk bayi prematur saja? Tentunya tidak. Awalnya memang digunakan sebagai praktik penyelamatan hidup untuk bayi prematur. Tetapi ada lebih dari 160 studi penelitian tentang bayi baru lahir cukup bulan yang mendokumentasikan kebutuhan dan manfaat perawatan ini. Jenis perawatan ini dipromosikan oleh WHO sebagai elemen penting dari perawatan bayi baru lahir untuk menyelamatkan dan meningkatkan semua kehidupan bayi baru lahir. 

Waktu terbaik atau optimal untuk perawatan ini adalah sekitar 60 menit. Bayi perlu digendong selama 60 menit tanpa gangguan untuk mendapatkan aliran hormonal yang memberikan semua manfaat fisik yang ditawarkan

Skin to skin ini juga dapat dilakukan oleh Dads. Caranya adalah gendong bayi di dada telanjang. Dads akan menikmati manfaat emosional dan keintiman yang tercipta dengan bayi baru lahir. 

Mengetahui bahwa Moms meningkatkan kesehatan bayi  juga merupakan nilai tambah yang besar. Bayi bisa mendapatkan manfaat dari kulit ke kulit selama berbulan-bulan. Beberapa ahli merekomendasikannya setidaknya selama tiga bulan untuk bayi cukup bulan dan enam bulan untuk bayi prematur. Jadi peluklah bayi Moms dan nikmati pengalaman menjadi orang tua.