Memasuki usia 6 bulan, si Kecil mulai memasuki tahap perkembangan baru fisik dan mentalnya. Pada usia ini, bayi mulai belajar untuk duduk sendiri dan memasuki petualangan baru mengenal makanan padat. Nah, apa ya kira-kira mainan terbaik untuk bayi usia 6 bulan yang sesuai dengan tumbuh kembangnya? Mari kita simak bersama. 

Mainan yang berbunyi 

Dilansir dari laman Askdrsears, sebuah website ilmu pengasuhan anak yang diasuh oleh keluarga dr. Sears, dokter anak yang banyak menulis buku pengasuhan anak yang populer, pada usia ini anak akan mengalami perkembangan kemampuan motorik kasar yang pesat. 

Tidak lama setelah mereka menguasai keahlian untuk duduk sendiri, mereka akan semangat untuk mencoba merangkak. Nah, untuk menstimulasi perkembangan motorik kasar si Kecil ini, Moms bisa membelikan mainan yang berbunyi atau bisa mengeluarkan musik. Letakkan mainan tersebut di luar jangkauan si Kecil yang telah diposisikan tengkurap untuk memancingnya merangkak mengejar mainannya. 

Baca Juga : Panduan Memilih Mainan Untuk Bayi Moms ID Author

Buku Interaktif 

Mulai usia 6 bulan, bayi akan mulai ahli menggunakan jari-jari mereka untuk mendapatkan pengalaman sensorik. Untuk merangsang kemampuan motorik halusnya, Moms bisa menggunakan media buku yang interaktif. 

Buku-buku dengan warna menarik dan menawarkan beragam tekstur yang bisa diraba si Kecil,  adalah pilihan yang baik untuk jari kecilnya penuh rasa ingin tahu. Buku yang interaktif bisa jadi perkenalan yang baik untuk membangun kecintaan si Kecil pada buku. 

Baca Juga : Rekomendasi Jenis Buku untuk Bayi

Cermin 

Pada usia 6 bulan ke atas, bayi akan semakin responsif pada interaksi sosial. Mereka juga mulai bereaksi ketika namanya dipanggil. Pada usia ini mereka mulai bisa mengajak pengasuhnya bercanda. Mereka akan semakin tertarik pada ekspresi wajah. 

Cermin dapat menjadi mainan yang pas untuk memfasilitasi ini lo, Moms. Moms bisa memberikan cermin kecil khusus bayi yang bahannya bukan dari kaca atau mengajaknya untuk bercermin bersama di cermin besar yang ada di rumah.

Alat musik sederhana 

Bunyi-bunyian adalah hal yang menarik bagi bayi 6 bulan. Alat musik sederhana seperti drum kecil yang dipukul-pukul atau maracas adalah beberapa pilihan yang bisa dicoba. Buat mereka bagaimana dua benda yang dipukulkan bisa menghasilkan suatu bunyi adalah hal yang menakjubkan. 

Bagaimana, Moms, sudah menentukan pilihan? Apa pun pilihannya, bagi si Kecil yang paling penting bukan apa mainannya tetapi kebersamaan bersama Moms. Bagi mereka panci dan sendok kayu yang dibenturkan bersama juga adalah mainan yang menarik asalkan ditemani senyuman hangat dari Moms. 

Baca Juga : Jenis dan Manfaat Mainan Edukasi Bagi Anak