Selain pakaian, diaper, dan gendongan, Moms juga pastinya menyiapkan perlengkapan tidur bayi. Mulai dari tempat tidur hingga bantal bayi masuk dalam daftar barang yang wajib dibeli. Namun, membeli bantal bayi tidak bisa sembarangan ya Moms, terutama untuk si Kecil yang masih berusia di bawah 1 tahun. Bila salah memilih bantal bayi, bisa-bisa si Kecil mengalami gangguan kesehatan. Berikut ini 8 jenis bantal bayi yang aman digunakan anak usia di bawah 1 tahun.

Bantal tanpa bulu 

 Umumnya, bulu-bulu dari bantal dapat lepas dan terhirup langsung ke hidung bayi. Hal ini bisa mengakibatkan si Kecil mengalami alergi ataupun masalah pernapasan. Itu sebabnya, bantal bayi sebaiknya yang tidak memiliki bulu.

Bantal berisi kacang hijau 

Alternatif ini diberikan karena biasanya kapas dan bulu angsa bisa memicu munculnya alergi. Bahan alami ini tidak memberikan efek samping yang berbahaya untuk bayi. 

Bantal tipis 

Bantal bayi yang baik justru sebaiknya tipis dan tidak terlalu tinggi. Kepala si Kecil harus sejajar dengan tubuhnya

Bantal tanpa motif atau polos 

Umumnya, bantal yang baik untuk bayi didesain polos sehingga aman digunakan. karena si kecil belum dapat refleks menghindar dengan sempurna.

Berbentuk simetris 

Bantal bayi yang baik biasanya berbentuk simetris dan mengikuti garis leher si kecil. Biasanya juga, terdapat cerukan di tengahnya untuk membentuk kepala bayi.

Bertekstur lembut 

Bantal yang baik untuk bayi biasanya bertekstur lembut. Ini karena fungsi kulit si Kecil di bawah 1 tahun masih belum sempurna. Bila terkena bahan-bahan yang kasar, bisa mudah mengalami iritasi ataupun terluka. 

Bantal yang  datar 

Si Kecil juga sebaiknya menggunakan bantal bayi yang datar. Bila Moms memilih bantal yang terlalu tinggi dan bertekstur keras, si Kecil berisiko tersedak ludahnya sendiri

Berbahan katun 

Bahan katun adalah pilihan wajib untuk perlengkapan bayi. Biasanya, bantal yang baik untuk bayi memang langsung terbuat dari bahan katun. Termasuk bantal guling dan sarungnya. 

Itulah beberapa tip pemilihan bantal bayi, usahakan menggunakan bantal khusus untuk bayi atau anak-anak dan bukan bantal orang dewasa. Karena bantal yang digunakan harus bisa menahan bayi sehingga mengurangi risiko tercekik. Bagi anak yang sensitif atau memiliki alergi tertentu, usahakan untuk menggunakan bantal yang non-alergi yakni bantal bayi yang dibuat dari material aman seperti memory foam atau serat bambu yang diklaim memiliki fitur antibakteri. 

Jika Moms salah memilih bantal bayi akan mengakibatkan dampak buruk terhadap bayi antara lain :

- Menyebabkan mati lemas 

- Meningkatkan resiko SIDS 

- Menyebabkan kepanasan 

- Bisa menyebabkan leher terkilir 

- Menyebabkan sindrom kepala datar.