Ada banyak model gendongan dengan bentuk, bahan kain juga motif yang beragam saat ini ya Moms. Seperti kain jarik (gendongan batik selempang) yang memang sudah turun temurun digunakan oleh para Moms yang memiliki bayi,  dari bayi baru lahir hingga usia toddler,  karena selain ringan pemakaiannya juga mudah.

Untuk bayi baru lahir,  sangat cocok untuk menggunakan gendongan dengan model ring sling. Aku selalu mendapat kado gendongan model begini Moms, tapi memang nyaman dan aman karena bahannya juga kebanyakan terbuat dari katun. Biasanya terdapat ring 2 buah di ujungnya yang berfungsi untuk mengikat gendongan. Selain praktis,juga mudah diatur sesuai postur tubuh. 

Ada juga model gendongan baby wrap yang bahannya elastis dapat dipakai dengan model menggendong yang beragam, namun memang agak rumit juga. Jadi kalau  Moms enggak suka ribet, ini  no recommend ya. 

Yang pernah kupakai juga ada yang pouch sling, itu cuma selembar kain yang dijahit ujungnya. Pemakaiannya hanya diselempangkan saja tanpa diikat atau pakai ring, jadi sangat simpel dan ringan untuk dipakai. Gendongan ini pun dapat dibeli sesuai dengan berat badan bayi. 

Lalu ada juga  gendongan model SSC ( Soft structured carrier ). Gendongan model ini juga sangat nyaman dan aman bila dipakai untuk bepergian. 

Namun,  dari beragam bentuk gendongan kita tidak bisa sembarang memilih gendongan untuk bayi. Berikut ini beberapa tip cara memilih gendongan bayi yang aman dan nyaman :