Tummy time adalah memberikan waktu bagi bayi untuk berbaring tengkurap guna melatih kekuatan otot lehernya. Walau terlihat sederhana, tummy time memberi manfaat yang luar biasa. Seperti melatih kekuatan otot leher dan punggung bagian atas bayi yang penting untuk tahap perkembangan bayi selanjutnya, seperti tengkurap sendiri, duduk, dan merangkak. Juga untuk mengurangi risiko kepala belakang bayi menjadi datar.

Manfaat tummy time lainnya adalah melatih kemampuan motorik bayi. Beberapa pendapat menyampaikan bahwa bayi yang jarang dilatih tummy time, perkembangan motoriknya cenderung lambat. Tetapi tidak semua bayi lancar saat sesi ini berlangsung, terkadang bayi menangis dan tidak nyaman. 

Tapi tenang Moms, berikut ini beberapa tip agar membuat tummy time menyenangkan : 

Good timing 

Perhatikan waktu yang tepat untuk tummy time bersama si Kecil. Usahakan hindari waktu dimana si Kecil terbiasa mengantuk atau lapar. Waktu yang tepat mengajak si Kecil tummy time adalah pada jam bermain. 

Buat bayi nyaman 

Membuat bayi nyaman dengan menambahkan bantal atau benda lain yang empuk untuk menyangga tubuh bayi menjadi pilihan. Selain menambahkan bantal atau gulungan kain, Moms juga bisa memulai kegiatan ini dengan cara si Kecil ditengkurapkan di dada Moms. 

Berikan mainan 

Berikan berbagai benda yang menarik perhatian si Kecil. Tetaplah tersenyum saat tummy time. Saat sesi ini berlangsung, Moms jbisa sambil memegang mainan yang si Kecil sukai. Jangan lupa untuk mengarahkan mainan sedikit di atas kepala si Kecil. 

Ajak bayi berinteraksi 

Selain memberikan mainan, jangan lupa untuk selalu berinteraksi dengan si Kecil. Moms bisa mengajak si Kecil bermain peek a boo atau ciluk Baa dan bernyanyi. 

Tummy time bersama teman

Selain melakukan sendiri di rumah. Moms bisa melakukan tummy time bersama teman-teman si Kecil. Melakukan bersama saat playdate mungkin akan lebih menyenangkan dan seru, tetapi jangan lupa untuk selalu berinteraksi dengan si Kecil saat tummy time ya Moms