Bayiku Kok Terlambat Merangkak

Keterampilan merangkak diawali dengan kemampuan duduk. Ketika bayi berusia 6 bulan dan sudah mampu duduk dengan kepala tegak, inilah awal bayi mulai mengembangkan keterampilan merangkak. Fase merangkak dalam tumbuh kembang bayi menjadi penting karena merupakan tonggak utama untuk melatih keseimbangan dan perkembangan motorik bayi. Selain itu, aktivitas merangkak juga merupakan latihan memperkuat otot-ototnya untuk tahapan berikutnya, yakni berjalan. Umumnya bayi mulai belajar merangkak pada rentang usia 6-10 bulan.

Ketika bayi sedang merangkak maju, coba amati, bayi akan menggerakkan lengan kanan dan kaki kiri, kemudian lengan kiri dan kaki kanan secara bergantian. Gerakan tangan dan kaki yang bersilangan ini menunjukkan bahwa fungsi otak kanan dan kiri bayi seimbang. Itulah mengapa, merangkak menjadi bagian dari tumbuh kembang anak yang penting.

Namun, Moms tak perlu merasa khawatir bila buah hatinya tidak melalui tahapan merangkak ini. Fase ini memang penting, tapi ada bayi tetap bisa berjalan tanpa merangkak terlebih dahulu. Hal yang patut diwaspadai, bila usia 12-18 bulan, bayi sulit menggerakkan tubuhnya, entah itu berguling atau merangkak. Segera konsultasikan ke dokter terdekat, karena khawatir ada kondisi medis lainnya yang membutuhkan perhatian khusus yang segera, misalnya gejala gangguan otot atau gangguan saraf otak.

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menstimulasi keterampilan merangkak bayi.

1. Tengkurap

Ajak bayi untuk tengkurap. Lakukan aktivitas bersama dengan posisi tengkurap. Posisi tengkurap dapat membantu perkembangan kekuatan otot bahu, punggung, bagian tubuh dan tangan sebagai dasar untuk belajar merangkak .

2. Bermain sambil memancing bayi melakukan gerakan maju.

Ajak bayi bermain, gunakan mainan yang menarik dan warna yang mencolok. Ajak bayi bermain sambil menggeser posisi mainan. Harapannya, bayi akan tertarik untuk meraih sambil merangkak.

4. Memberikan contoh.

Bayi belajar melalui cara meniru. Tunjukkan kepada bayi, cara merangkak. Niscaya, bayi akan mencoba melakukan hal-hal yang Moms lakukan.