Tips Menggunting Kuku Bayi

Bayi sangat rentan terserang beragam penyakit karena sistem imunitas yang belum kuat. Untuk itu, Moms harus rajin membersihkan dan merawat setiap bagian tubuh bayi mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, termasuk kuku. 

Kuku merupakan tempat bersarangnya kuman jika tidak sering dibersihkan, terlebih akan berbahaya pada bayi. Karena bayi seringkali menyentuh benda apapun yang ada disekitarnya, setelah itu memasukan jari-jari tangan ke mulutnya. Jika kukunya tidak bersih, bisa saja kuman-kuman ikut masuk ke dalam mulut si bayi dan menyebabkan berbagai penyakit.

Karena itu, penting untuk Moms untuk menggunting kuku bayi secara berkala. Kapankah waktu yang tepat untuk menggunting kuku bayi tanpa membuatnya berisiko terluka?

1. Guntinglah kuku bayi 15 menit setelah ia tertidur. Pada waktu ini, bayi sedang dalam keadaan tertidur pulas dan masih ingin tertidur karena rasa kantuknya, sehingga tidak akan terbangun walaupun ia merasa terganggu. Sebaliknya jika sudah tertidur cukup lama, walau dalam keadaan tidur pulas bisa saja ia akan terbangun hanya dengan gangguan kecil sekalipun, karena ia sudah merasa hilang kantuknya.

2. Setelah mandi, kuku akan lebih lunak sehingga mudah untuk digunting, begitupun kuku bayi. Sehingga tidak membuat si bayi merasa sakit atau terganggu saat digunting kukunya.

3. Guntinglah kuku bayi setelah mandi pagi atau sore hari. Selain setelah mandi kuku bayi lebih mudah untuk digunting, sinar matahari juga masih nampak jelas, sehingga lebih terang dan memudahkan kita untuk menggunting kuku bayi agar tidak terluka.

4. Jangan terlalu sering menggunting kuku bayi, karena kulitnya yang masih sangat sensitif. Guntinglah jika bagian putih kuku sudah melebihi ujung jari bayi. Dan tetap sisakan bagian putih kuku sedikit, jangan gunting hingga habis, karena saat terlalu mepet si bayi pun akan merasa perih setelah digunting kukunya.

Tambahan: jangan lupa pegang jari bayi satu persatu ya, dan jangan memaksa jika si bayi tidak nyaman. Karena akan berbahaya untuk si bayi jika ia memberontak saat digunting kukunya.