Bibir kering atau bibir yang pecah-pecah bisa terjadi pada siapa saja. Penyebabnya bisa karena cuaca, kebiasaan menjilat bibir terlalu sering, atau bisa juga karena efek obat-obatan tertentu. 

Walaupun bisa terjadi pada siapa saja, beberapa orang bisa mengalami kondisi bibir pecah-pecah yang lebih parah yang disebut angular cheilitis. Kondisi yang juga dapat disebabkan oleh infeksi ini ditandai dengan luka dan peradangan di sudut bibir. Nah, apakah Moms juga sedang mengalami bibir kering hingga pecah-pecah? Moms bisa mencoba 3 bahan alami untuk bibir kering berikut ini untuk mengatasinya sebelum menjadi cheilitis. 

Minyak kelapa 

Minyak kelapa tidak hanya bersifat sebagai emolien, tetapi juga bisa melindungi kulit dengan meningkatkan fungsi lapisan kulit. Selain itu minyak kelapa juga bisa bersifat antibakteri dan anti-peradangan sehingga bisa melindungi kulit yang kering dari infeksi. Gunakan cotton bud atau jari yang bersih untuk mengoleskan minyak kelapa ke bibir sepanjang hari. 

Lidah buaya 

Lidah buaya sering digunakan secara tradisional untuk luka bakar. Nah, ternyata sifat anti-peradangan dan menenangkan kulit yang dimiliki oleh lidah buaya juga bisa menjadi bahan alami untuk bibir kering. Moms bisa pilih gel lidah buaya yang banyak di pasaran atau menggunakan lidah buaya segar. Perlu diingat, lidah buaya juga mengandung enzim yang bersifat eksfoliator, jadi batasi penggunaannya untuk bibir 3 kali sehari saja ya, Moms. 

Madu 

Ada banyak sekali penelitian yang membahas efek anti-peradangan, antimikroba, dan penyembuhan luka dari madu. Madu dapat melembapkan bibir kering sekaligus melindunginya dari kemungkinan infeksi dari patogen. Moms bisa mengoleskan madu ke bibir sepanjang hari dengan kapas atau jari yang bersih. 

Selain menggunakan bahan alami untuk bibir kering di atas, untuk menghindari bibir kering, upayakan untuk minum lebih banyak cairan ya, Moms. Dehidrasi dapat memperburuk kondisi bibir yang kering. Moms juga bisa menggunakan pelembap udara agar udara di sekitar Moms tidak terlalu kering. Jangan lupa konsumsi makanan bergizi seimbang, karena malnutrisi juga bisa membuat bibir pecah-pecah. Kalau bibir Moms semakin kering meski telah dirawat di rumah dan bahkan sudah menjadi cheilitis, sebaiknya segera ke dokter ya, Moms.