Kontrasepsi umumnya digunakan untuk memberi jarak kelahiran atau menunda kehamilan bagi pasangan yang telah memiliki anak. Kontrasepsi tidak hanya digunakan oleh wanita tapi juga pria. Berikut ini kontrasepsi pria, dengan kelebihan dan kelemahannya yang perlu Moms ketahui: 

Kondom 

Kondom merupakan salah satu alat pelindung yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan atau penyakit kelamin. Tapi ada beberapa plus dan minus dari kondom. 

Kelebihannya: 

Kekurangannya:

PIL KB 

Pil KB atau pil kontrasepsi adalah pil yang dikonsumsi untuk mengubah cara kerja tubuh dan mencegah kehamilan. Selama bertahun-tahun, para peneliti telah berusaha membuat pil KB yang dikhususkan untuk laki-laki. Dan akhirnya kini hal tersebut akan segera menjadi nyata. Para peneliti dari Amerika Serikat telah mengumumkan bahwa uji coba klinis pil KB laki-laki bernama 11-beta-MNTDC terhadap 40 partisipan menunjukkan hasil yang memuaskan. 

Pil ini mengombinasikan dua aktivitas hormon menjadi satu dan akan menurunkan produksi sperma, namun tetap mempertahankan libido. Pil KB bernama 11-beta-MNTDC yang memiliki nama lengkap 11-beta-methyl-19-nortestosterone-17-beta-dodecylcarbonate merupakan bentuk testosteron yang sudah dimodifikasi agar memiliki karakteristik progestasional atau memblokir sperma dan androgenik atau menyeimbangkan hormon. 

Karakteristik kedua ini berguna untuk mempertahankan kejantanan laki-laki (suara rendah dan pola rambut), menstabilkan berat badan dan mempertahankan dorongan seksual ketika produksi testosteron di testis dihentikan. 

Adapun efek sampingnya tidak menunjukkan adanya efek yang buruk atau kekhawatiran klinis tertentu, walaupun terjadi penurunan hormon LH dan FSH yang dibutuhkan untuk memproduksi sperma. Meski dinyatakan aman, pil KB laki-laki ini masih harus menjalani serangkaian uji coba sebelum dipasarkan.

Baca Juga : Cara Hilangkan Flek Hitam Akibat Pil KB

Vasektomi 

Operasi vasektomi adalah salah satu alternatif kontrasepsi yang juga disebut sterilisasi untuk pria. Hal ini hanya bisa dilakukan jika pria yang bersangkutan memutuskan untuk tidak punya anak sama sekali. 

Kelebihan vasektomi: 

Sementara kekuranganny adalah : 

Baca Juga : Keberhasilan Menyusui Sebagai Kontrasepsi Alami