Sejak pandemi, kita banyak menghabiskan waktu di rumah. Sehingga memasak dan berkreasi di dapur menjadi hobi baru sebagian Moms. Apakah Moms adalah salah satunya? Nah, kalau Moms sudah bosan membuat kreasi makanan, membuat kreasi minuman bersama si Kecil bisa menjadi opsi menyenangkan juga, lho! Moms bisa menyimak jenis minuman sehat yang bisa dibuat di rumah berikut ini sebagai inspirasi. 

Infused water 

Apakah Moms sulit menyuruh si Kecil minum air putih? Nah, infused water atau yang sering disebut detox water ini bisa menjadi jenis minuman sehat alternatif. Cara membuatnya mudah, cukup masukkan potongan buah, sayur, atau herba favorit keluarga ke dalam air, dan biarkan terendam selama 1-12 jam. Jika cuaca sedang panas, Moms bisa meletakkan air rendaman tersebut di kulkas. Atau bisa juga menyeduhnya dengan air hangat jika Moms dan si Kecil lebih suka minuman hangat. Padu padan buah, sayur, dan herba bisa memberikan rasa-rasa manis dan segar yang lebih menarik bagi anak-anak ketimbang air putih tawar biasa. 

Water kefir 

Minuman fermentasi yang satu ini adalah jenis minuman sehat yang bisa dibuat di rumah tanpa memerlukan bahan yang banyak. Moms hanya butuh bibit water kefir, air, dan gula. Water kefir adalah minuman probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Rasanya asam dan manis, dengan sedikit soda. Segar sekali jika dinikmati dalam kondisi dingin. 

Smoothies 

Jenis minuman sehat yang bisa dibuat di rumah berikutnya adalah smoothies. Smoothies adalah satu cara mencukupi kebutuhan buah dan sayur anak tanpa harus berperang. Moms bisa menyelipkan buah dan sayur apa saja ke dalam smoothies anak selama rasanya pas. Tambahan biji-bijian sehat, susu nabati, atau bubuk coklat juga bisa menjadi kreasi yang menarik minat anak. Menggunakan air kelapa juga bisa membuat rasa smoothies lebih manis dan disukai anak. 

Nah walaupun jenis minuman sehat di atas baik untuk kesehatan, jangan lupa minuman utama untuk Moms sekeluarga tetap air putih ya Moms! Semoga Moms sekeluarga tetap aman dan sehat selama pandemi ini!