Siapa sih yang tidak mendambakan kulit yang cerah dan segar? Nah, salah satu cara untuk mendapatkan kulit yang glowing adalah dengan rajin maskeran. Apalagi saat imbauan di rumah saja seperti sekarang ini, Moms punya lebih banyak waktu untuk mencoba berbagai macam jenis masker, nih. Tapi kalau harus beli masker pabrikan terus, kasihan juga kantong lama-lama jebol ya, Moms. Solusinya? Moms bisa coba buat masker alami dari bahan-bahan yang ada di rumah. Tidak sulit, kok! Yuk, kita simak caranya. 

Masker Alpukat 

Alpukat ternyata tidak hanya bagus untuk pencernaan, namun juga untuk kesehatan kulit lo, Moms. Kandungan vitamin C, E, dan karotenoidnya ampuh untuk mencerahkan kulit. 

Begini cara membuatnya, Moms: 

- Campur daging buah alpukat yang sudah dilumatkan dengan sedikit air. 

- Aduk hingga menjadi pasta. 

- Oles ke wajah Moms hingga rata. 

- Diamkan 30 menit.

- Bilas dengan air hangat sampai bersih. 

- Lakukan 2-3 kali seminggu. 

Masker Pisang 

Tidak hanya kaya akan prebiotik yang disukai bakteri baik di usus, ternyata pisang juga bagus Moms untuk kesehatan kulit. 

Cara membuat masker pisang ini pun mudah, lho: 

- Lumatkan 1 buah pisang. 

- Beri sedikit air dan madu, aduk hingga menjadi pasta. 

- Oleskan ke wajah secara merata. 

- Diamkan kurang lebih 30 menit. 

- Setelah selesai, bilas hingga bersih. 

- Lakukan 2-3 kali seminggu untuk hasil maksimal. 

Masker Madu dan Susu 

Madu merupakan salah satu makanan yang disebut-sebut sebagai superfood karena mengandung begitu banyak manfaat kesehatan di dalamnya. Madu juga punya kemampuan sebagai antibiotik alami sehingga bisa membunuh kuman penyebab jerawat. Sementara susu, kaya akan vitamin D dan B6 yang bisa merangsang produksi kolagen. Susu juga sudah lama digunakan untuk memutihkan dan mencerahkan kulit. 

Cara membuatnya gampang,  Moms: 

- Hangatkan 2 sdt susu, lalu campur dengan 2 sdt madu, aduk hingga rata. 

- Selagi masih hangat, oleskan ke wajah hingga rata menggunakan bola kapas. 

- Biarkan hingga meresap ke dalam kulit, kurang lebih 20 menit. 

- Bilas dengan air hangat, lalu bilas lagi dengan air dingin. 

 

Bagaimana, Moms? Mudah bukan membuat masker alami di rumah? Tidak perlu modal besar, karena kebanyakan bahannya mudah didapat dan harganya pun terjangkau. Penggunaan masker alami juga bisa mengurangi paparan bahan kimia yang sifatnya toksik ke kulit Moms.  Selama rutin digunakan, bagus untuk kesehatan kulit jangka panjang. Selamat mencoba!