Ada banyak cara bagi pasangan untuk mengingat dan mengapresiasi pasangannya dalam ulang tahun pernikahan. Salah satunya liburan mewah seperti yang dilakukan pasangan artis orang tua Rafathar, Nagita dan Raffi. Pentingnya perayaan ulang tahun pernikahan tak terbatas pada hadiah dan kartu ucapan, tetapi lebih pada hubungan Moms.

Baca Juga : Tip Merayakan Ulang Tahun Selama Pandemi Agar Tetap Seru

Peringatan ulang tahun pernikahan menjadi momen bagi Moms dan pasangan untuk melihat kembali bagaimana awal hubungan dan janji pernikahan terjadi. Ini juga merupakan waktu untuk keluarga menghabiskan waktu bersama alias quality time. 

Menurut Terri Orbuch, profesor dan psikolog, ketika momen spesial tiba, orang cenderung ingin merayakannya dengan hadiah, liburan atau perjalanan. Tidak ada yang salah dengan hal-hal tersebut.  Tetapi kadang kemewahan justru menjadi perhatian, sementara esensi dan keintiman dinomorsekiankan. 

Perayaan ulang tahun pernikahan pada akhirnya adalah tentang bagaimana mencapai tiga tujuan psikologis dan interpersonal. Pertama, mengingat masa lalu, terutama kisah dan kesuksesan cinta yang membawa Moms ke saat ini. Kedua, untuk berbagi di masa sekarang, bersyukur atas hal-hal unik dan spesial yang Moms dan pasangan bawa ke dalam hubungan. Ketiga, pasangan merayakan ulang tahun pernikahan sebagai komitmen ulang pada hubungan dan tujuan bersama di masa depan.

Berdasarkan tiga tujuan di atas, Moms dapat merayakan ulang tahun pernikahan dengan cara yang romantis dan bermakna:

 

Menceritakan dan mengingat kembali kisah penting

 

Mengingat momen dan kisah penting dalam hubungan dapat memperkuat hubungan saat ini karena Moms melihat kembali kenangan indah bersama, juga hambatan dan kesulitan yang sama-sama Moms dan pasangan lalui. Moms dan pasangan saat ini telah belajar dari pengalaman dan kesalahan masa lalu. Manfaatkan momen ini untuk mengapresiasi dan mengekspresikan cinta dan terima kasih terhadap satu sama lain, terutama yang belum pernah tersampaikan sebelumnya.

 

Menciptakan kembali momen spesial di masa lalu

 

Jika ada menu makanan yang berkesan bagi Moms dan pasangan yang mengingatkan pada momen tertentu, cobalah untuk membuat kembali momen tersebut beserta menunya. Begitu pula lagu lama favorit, mainkan lagu tersebut lalu berdansa bersama.

Baca Juga : Abadikan Momen Persalinan Melalui Birth Photography

 

Menghidupkan lilin dan berdandan untuk makan malam

 

Makan malam bersama juga bisa menjadi salah satu ide untuk merayakan ulang tahun pernikahan, Moms. Diawali dengan memasak bersama, mengatur meja makan, berdandan dan menggunakan pakaian terbaik, serta meletakkan lilin di meja makan untuk menghidupkan suasana yang romantis dan tenang bagi Moms dan pasangan.

 

Menyiapkan hadiah yang sederhana dan kreatif

 

Hadiah merupakan salah satu komponen yang tidak dilupakan dalam perayaan, termasuk ulang tahun pernikahan. Dalam menentukan hadiah, nilainya bukan terletak pada kemewahannya, melainkan pada ketulusan. Terkadang hadiah praktikal dan yang dibutuhkan pasangan lebih menyentuh.

 

Mengikutsertakan si Kecil

 

Mengajak si Kecil untuk merayakan ulang tahun pernikahan bukanlah ide yang buruk. Anak-anak juga sama antusiasnya dengan Moms mengetahui kisah orang tuanya di masa lalu. Moms dapat mengeluarkan album foto lama dan menunjukkannya sambil bercerita tentang hari pernikahan atau pengalaman di masa muda pada si Kecil.

Baca Juga : Marriage Burnout, Cara Mencegah Kelelahan dalam Pernikahan