Akhir pekan ini bertepatan dengan tanggal 14 Februari yang tiap tahunnya diperingati sebagai Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang, Moms. Tak hanya di antara pasangan, hari kasih sayang juga bisa dirayakan oleh keluarga.

Valentine bisa menjadi momen bagi Moms dan keluarga untuk meluangkan waktu dan melakukan hal menyenangkan sebagai rasa syukur dan ungkapan kasih sayang kepada satu sama lain.  

Baca Juga: Ide Bonding Keluarga Seru dari Aktivitas Kimbab Family

Menurut penelitian Profesor Dr. Robert A. Emmons dan Dr. Michael McCullough dari University of California Davis dan University of Miami, orang yang bersyukur memiliki lebih banyak energi, tingkat stres dan kecemasan rendah, senang membantu orang lain, lebih sering berolahraga, tidur lebih nyenyak, dan kesehatan fisik meningkat. Sesederhana membuat daftar hal-hal yang disyukuri tiap minggunya.

Pada valentine kali ini, Moms bisa merencanakan permainan atau aktivitas keluarga lainnya agar dapat menikmati waktu bersama. Terutama di masa pandemi Covid-19, gunakan waktu ini di rumah untuk memperkuat hubungan antar-anggota keluarga, termasuk si Kecil. Mumpung libur, sebaiknya matikan sebentar juga ponsel, tablet, atau gadget lainnya. 

Berikut ide valentine bersama keluarga di rumah.

Berbicara dari hati ke hati

Gunakan momen ini untuk sejenak mendengarkan si Kecil, Moms. Terutama di masa pandemi ini di mana anak tak bertemu teman-temannya, membuatnya berisiko merasa kesepian. Biarkan anak menyelesaikan ceritanya sebelum Moms mencoba memberi solusi. 

Berpelukan

Moms bisa menunjukkan rasa kasih sayang dengan memberi pelukan, terutama pada anak ketika ia sedang marah, kesal atau dalam suasana hati yang buruk. Selain pelukan, Moms juga bisa menggunakan tanda kasih sayang lainnya, sesuai bahasa cinta Moms dan si Kecil. Pelukan dapat membuat Moms dan si Kecil merasa lebih baik, sekaligus memperkuat ikatan antara Moms dan anak. 

Baca Juga: Kenali Bahasa Cinta si Kecil

Membaca bersama

Membiasakan membaca buku sejak dini adalah hal yang positif, Moms. Banyak penelitian menunjukkan bahwa membaca bersama memperkuat ikatan orang tua dan anak, serta mendorong pola asuh yang positif. Selain itu, sebagai jendela ilmu, membaca buku juga membantu si Kecil membangun fondasi pengetahuan yang bermanfaat untuk akademisnya.

Memasak dan makan bersama

Makanan adalah salah satu cara untuk menunjukkan rasa sayang, Moms. Kegiatan seperti memasak menu favorit atau menu baru bersama si Kecil bisa menjadi momen untuk menikmati kebersamaan keluarga. Moms bisa melibatkan si Kecil dalam proses memasak, mulai dari merencanakan menu, berbelanja bahan makanan, hingga menyiapkan dan menyajikan makanan. Makan bersama juga kesempatan untuk berbicara dan memperkuat hubungan.

Baca Juga: Cara Sederhana Perkuat Ikatan dengan Bayi

Bermain bersama hewan peliharaan

Di rumah ada kucing atau anjing peliharaan? Ajak juga sahabat berbulu ini untuk menghabiskan waktu bersama. Kasih sayang pun tak hanya ditunjukkan kepada sesama manusia, tetapi kepada lingkungan sekitar, Moms.

Bertukar surat

Melakukan hal yang sedikit tradisional saat valentine tak ada salahnya, Moms, salah satunya menulis dan bertukar surat. Beberapa orang mungkin sulit mengungkapkan perasaan melalui lisan, maka surat bisa jadi salah satu cara untuk menyampaikan isi hati, Moms.

Mengambil foto

Tak lupa abadikan pula momen ini melalui foto lalu tempelkan di album foto keluarga ya, Moms.