Situasi pandemi yang telah menjangkiti masyarakat selama lima bulan terakhir mau tak mau telah meningkatkan kesadaran akan kebersihan dan kesehatan, baik pada diri sendiri, juga keluarga. 

Nutrisi seimbang

Belum lama ini, WHO regional Mediterania Timur, organisasi kesehatan dunia, merilis anjuran nutrisi untuk orang dewasa di masa pandemi, Moms, tujuannya untuk memperkuat sistem imun tubuh Moms dan orang dewasa pada umumnya agar tidak mudah terserang penyakit.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), orang dengan kondisi kesehatan tertentu memiliki risiko lebih tinggi terpapar virus Covid-19, maka penting untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga agar tidak memicu penyakit lain dan berujung pada Covid-19, salah satunya dengan mencukupi nutrisi bagi tubuh.

Nutrisi dan hidrasi sangat penting bagi tubuh. Orang yang mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang cenderung lebih sehat dan memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat, serta menurunkan risiko penyakit kronis dan menular. 

Secara umum, nutrisi dan asupan yang dianjurkan sama dengan standar kesehatan, termasuk menghindari konsumsi gula, lemak, dan garam secara berlebihan. Kita juga disarankan untuk  memperbanyak asupan makanan segar sebagai sumber vitamin, mineral, serat, protein, dan antioksidan, untuk menghindari risiko berat badan berlebih, obesitas, penyakit jantung, stroke, dan diabetes, serta beberapa tipe kanker.

Saran konsumsi

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa mencegah terpapar virus, berikut asupan nutrisi yang dianjurkan WHO: 

- Mengonsumsi makanan segar tiap hari

Makanan segar adalah kebalikan makanan yang telah mengalami pemrosesan, termasuk pengemasan, pasteurisasi, pembekuan, dan lainnya yang menambah waktu simpan makanan. Bahan makanan segar seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, memiliki nutrisi yang mencukupi kebutuhan tubuh, Moms.

- Minum air putih yang cukup

Air sangat penting dalam kehidupan karena mengangkut nutrisi dalam darah, mengatur suhu tubuh, membuang kotoran dalam tubuh, melumasi serta menyangga sendi. WHO menganjurkan orang dewasa untuk meminum air putih setidaknya 8 – 10 gelas air setiap hari. Moms juga bisa mendapatkan air dari sumber makanan lain, seperti buah dan sayur yang mengandung air. Namun, sebaiknya tidak diberi tambahan pemanis ya, Moms. Hindari juga terlalu banyak mengonsumsi kafein, jus buah kemasan, sirup, konsentrat jus buah, dan minuman bersoda karena mengandung gula.

- Mengonsumsi lemak dan minyak tidak berlebihan

Minyak dan lemak berfungsi sebagai pemasok kalori, lemak esensial, dan pembantu tubuh menyerap vitamin yang larut dalam lemak, seperti A, D, E, dan K. Sebaiknya, Moms mengonsumsi lemak tak jenuh yang didapat dari ikan, alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, kedelai, kanola, bunga matahari, dan minyak jagung, dibanding lemak jenuh yang bersumber dari daging berlemak, mentega, minyak kelapa, krim, dan keju.

- Mengurangi konsumsi garam dan gula

Mineral yang esensial dalam garam bertindak sebagai elektrolit penting dalam tubuh yang membantu keseimbangan cairan, transmisi saraf, dan fungsi otot. Sementara gula memiliki kalori yang menyediakan energi bagi tubuh, namun terlalu banyak garam dan gula dapat meningkatkan risiko penyakit, seperti darah tinggi dan diabetes, Moms. Sebaiknya, batasi asupan garam kurang dari 1 sendok teh, dan membatasi minuman yang memiliki gula tinggi. Sebaiknya, dapatkan gula dari buah segar alih-alih snack, cokelat, dan kue.

- Menghindari makan di luar

Virus penyebab Covid-19 tersebar melalui kontak dengan orang lain, maka pilihan aman untuk mengurangi risikonya adalah menghindari makan di luar di mana ada banyak kemungkinan untuk kontak dengan orang lain dan terpapar virus