Moms shaming merupakan sebuah perilaku mempermalukan Mpms lain di depan umum, sosial media maupun secara personal. Pelaku Mom shaming bukan hanya dari orang yang tidak suka pada Moms, tapi juga dari orang terdekat. Beberapa mungkin dilontarkan atas dasar ketidaksengajaan tetapi ada juga yang sengaja melakukannya. 

Pernyataan Moms shaming tidak hanya soal Moms saja tetapi bisa ke arah tentang ASI hingga cara mendidik anak. Banyak dari Moms terutama Moms yang baru saja melahirkan akan merasa tertekan dan stres menghadapi Moms shaming ini. Beberapa dari mereka mungkin akan mengalami baby blues hingga depresi post partum. Tetapi sebenarnya Moms shaming bisa diatasi lho. Berikut adalah beberapa tip untuk menghadapi Moms shaming : 

Menerima kekurangan diri 

Terimalah kekurangan diri bahwa Moms bukanlah ibu yang sempurna dan super power untuk si Kecil. Di dunia ini seorang anak tidak memerlukan Moms yang sempurna tetapi mereka memerlukan Moms  yang bahagia, dan hampir setiap orangtua pasti melakukan kesalahan. 

Percaya diri dan terus belajar 

Di kehidupan modern ini sangat mudah mengakses informasi, baik dari buku hingga bertanya langsung kepada ahli. Tetaplah belajar dan update ilmu yang berkaitan dengan mengasuh anak, maka Moms tidak akan terlalu peduli dengan komentar ‘sok tau’ di luar sana. Jangan lupa setelah belajar tetaplah percaya diri, percaya akan ilmu-ilmu yang Moms dapat dari pakar maupun buku. 

Memahami cara berpikir orang lain 

Sebagian dari mereka yang melakukan Moms shaming mungkin akan berdalih hal tersebut demi kebaikan bayi,  meski  tentunya mereka mengabaikan perasaan Moms. Tidak perlu diambil hati ya Moms. Cobalah untuk melihat cara berpikiir orang lain dan mengambil inti sari yang baiknya saja,  dan menyingkirkan yang tidak berkenan di hati. 

Ikut komunitas 

Percaya atau tidak, ketika Moms memiliki atau ikut dalam suatu komunitas yang di dalamnya terdapat kumpulan new Moms yang mungkin memiliki kasus sama seperti Moms,  maka hal tersebut akan membuat Moms tidak merasa sendiri dan bersedih terlalu lama.

Cari hiburan dan bila memungkinkan hindari lingkungan tersebut 

Mencari hiburan dengan cara ‘Me time’ misalnya jalan-jalan atau sekadar menonton serial favorit juga membantu Moms menghadapi Moms shaming. Me time akan membuat pikiran Moms menjadi lebih fresh. Bila memungkinkan, segera hindari percakapan atau lingkungan yang di dalamnya sering melontarkan body Shaming ya, Moms. Tetaplah bahagia dan tetap tenang. Si kecil memerlukan Moms sebagai tumpuan dan tempat kasih sayang ternyaman.