Kamar mandi adalah tempat yang sangat diidamkan kebersihannya. Bagaimana tidak, kita membersihkan badan di sana. Tapi,  kamar mandi juga bisa menjadi tempat yang penuh kuman dan kotor sehingga keramik dan peralatan di dalamnya tampak kusam. 

Sisa-sisa air sabun, sampo, bahkan pasta gigi bisa tertinggal di atas keramik. Kotoran dari badan yang kita bersihkan juga bisa menempel di lantai bahkan dinding kamar mandi kita. Selain itu, air yang kita gunakan untuk mandi juga bisa menyebabkan kamar mandi menjadi berkerak. Hal ini disebabkan oleh kandungan magnesium dan kalsium yang ada di dalam air tertinggal di keramik. Lama kelamaan akan meninggalkan bekas di atas lantai bahkan dinding kamar mandi. Jika tidak dibersihkan dengan cepat akan semakin susah untuk dihilangkan. 

Tapi, tenang saja, Moms, permasalahan keramik yang berkerak  bisa diatasi dengan cara berikut ini: 

Semprotkan cuka 

Selain sebagai bahan untuk masakan, cuka juga bermanfaat untuk membersihkan kamar mandi. Cara menggunakannya, Moms hanya perlu menyemprotkan cuka pada bagian yang berkerak. Diamkan selama 5-10 menit kemudian sikat dan bilas sampai bersih. Jangan dibiarkan terlalu lama, karena biasanya cuka meninggalkan bekas. 

Sedangkan untuk membersihkan keran atau kepala shower, Moms bisa membungkus kepala keran dengan plastik yang berisi cuka. Diamkan selama 1-2 jam lalu bersihkan dengan sikat. Setelah itu bilas sampai bersih dengan air dan bisa digunakan lagi. Jika masih membandel, Moms bisa merendamnya di dalam cuka yang dipanaskan. Namun, sebaiknya Moms agak berhati-hati karena aromanya sangat menyengat. Jadi lebih baik menggunakan masker saat memanaskannya. 

Oles dengan baking soda 

Coba Moms cek ke dapur, apakah masih ada stok baking soda? Kalau ada, segera buat pasta dengan mencampur baking soda dan air. Setelah itu, oleskan pasta tersebut ke bagian keramik yang berkerak. Diamkan 30-60 menit, setelah itu sikat sampai bersih dan bilas dengan air. Jika keraknya masih menempel, Moms bisa mengulangi cara ini keesokan harinya. Kerak apa pun yang menempel di kamar mandi, akan mudah dibersihkan jika masih baru menempel. Karena itu, Moms jangan sampai membiarkannya terlalu lama ya!