Kolak menjadi sajian wajib yang selalu ada di bulan Ramadan. Sajian manis ini selalu ada di daftar takjil atau hidangan buka puasa di Indonesia. Karena itu sangat mudah ditemukan di pasar-pasar takjil.

Bagi yang ingin membuat sendiri, caranya mudah, Moms. Bahannya juga mudah didapat, seperti santan, gula merah, dan ditambah isian yang biasanya disesuaikan selera. 

Ada beragam jenis kolak yang biasa diolah untuk makanan takjil. Ada kolak pisang, ubi, kolang-kaling, labu kuning dan biji salak. Kali ini saya akan berbagi resep biji salak yang enak dan sangat pas dinikmati saat berbuka puasa. Biasanya bahan utama biji salak adalah ubi jalar yang dicampur dengan tepung tapioka lalu dibentuk bulat-bulat kecil. Nah, untuk resep ini saya akan menggunakan tepung ketan. Yuk, Moms simak resep dan langkah-langkah pembuatannya. 

Bahan: 

200 gram tepung beras ketan putih 

125 gram tepung tapioka 

100 ml air 

1/2 sdt garam 

Bahan kuah kolak:

250 ml santan (bisa menggunakan santan kemasan yang dicampur dengan air atau bisa diganti dengan susu cair jika tidak terlalu suka santan) 

250 gram gula merah, sisir (kadar manisnya bisa disesuaikan selera) 

750 ml air 

1 sdt vanili bubuk atau pasta 

1 sdt tepung ketan 

Cara membuat:

Bagaimana, Moms? Cukup mudah, kan? Kolak biji salak ini juga bisa disajikan dengan bubur sumsum atau juga disatukan dengan pisang atau kolang-kaling. Sesuaikan dengan selera masing-masing, ya. Selamat mencoba!