Moms, tak terasa sebulan berlalu sejak kebijakan #WorkFromHome, juga si Kecil yang sekolah dari rumah demi mengurangi dampak penyebaran virus Covid-19. Artinya, selama sebulan ini juga,  Moms sibuk mengurus rumah tangga dan anggota keluarga yang berada di rumah. Terima kasih ya, Moms, sudah menjadi ibu yang selalu berusaha. Namun, jangan sampai lupa waktu untuk diri sendiri, alias me time. 

Me time sebenarnya adalah sebuah kebutuhan, termasuk untuk seorang ibu. Mengapa penting? Menjadi ibu itu tidak mudah. Moms perlu punya waktu untuk memerhatikan diri sendiri. Bukannya egois, tapi seorang Moms yang merasa bahagia akan memberikan cinta lebih banyak pada keluarga dan orang-orang di sekitarnya. 

Me time penting untuk memperbaiki suasana hati, membuat mental lebih sehat, dan menjadikan pribadi yang lebih baik lagi.  untuk orang-orang sekitar. Kegiatan me time tidak mesti liburan atau ke salon, lho Moms, yang penting Moms bisa melakukan sesuatu yang bikin happy

Lantas, bagaimana dengan anak? Moms bisa mendiskusikan hal ini dengan suami, jelaskan bahwa Moms  membutuhkan waktu sejenak untuk diri sendiri, tanpa gangguan dari anggota keluarga lain, termasuk anak. Ketika Moms ‘me time’, para ayah bisa memanfaatkan kesempatan untuk bonding dengan anak. 

Biasanya setiap orang sudah mengerti kegiatan me time favoritnya, dan tiap orang bisa berbeda-beda. Ada yang hanya dengan membaca buku sudah bisa mengisi ulang tenaganya, ada pula dengan bertemu teman-temannya. Namun, bila Moms kehabisan ide untuk ‘me-time’, beberapa kegiatan berikut bisa menjadi rekomendasi.

 

 

Terlalu fokus merawat anak dan keluarga kadang membuat para Moms  lupa untuk merawat diri. Melakukan perawatan di salon secara rutin, misalnya, dapat memperbaiki mood lho. Jika Moms  merasa happy, seberat apa pun pekerjaan rumah tangga, akan dikerjakan dengan senang hati. Nah, selama masa karantina ini, perawatan diri di salon bisa diganti dengan perawatan rumahan, seperti maskeran sembari menyalakan lilin aromateraphy dan mendengarkan musik, misalnya.

 

 

Menjaga badan tetap bugar dan sehat dapat dilakukan dengan mengikuti kelas-kelas yoga atau zumba, misalnya. Tak harus melakukannya di pusat kebugaran, selama masa pandemi ini, Moms dapat melakukannya sendiri di rumah. Atau, bisa juga dengan mengikuti kelas-kelas online yang sekarang banyak disediakan oleh pusat olahraga atau para profesional. Fisik yang sehat, membuat mental sehat juga. 

 

 

Nah, kegiatan simpel ini ternyata juga bermanfaat untuk Moms rehat sejenak dari rutinitas. Menghirup udara pagi dan melihat pohon hijau membuat badan relaks dan tenang. Moms juga bisa melakukan aktivitas berkebun sederhana seperti menyiram tanaman dan menanam bibit bunga baru.

 

 

Waktu tidur kurang karena mengurus keperluan anak dan keluarga? Moms juga butuh tidur yang cukup dan nyenyak agar badan menjadi segar saat bangun. Tidak apa-apa kok, Moms, meninggalkan pekerjaan untuk tidur sejenak, jika sudah terlalu lelah.

 

 

Kapan terakhir Moms kencan dengan pasangan? Nanti saat kondisi kembali membaik, jangan lupa jadwalkan kencan ya, Moms. Kesibukan masing-masing seringkali membuat diri lupa akan rasanya menghabiskan waktu berdua. 

 

 

Secara psikologis, memasak memiliki manfaat bagi kesehatan mental.  Kegiatan ini dapat menghilangkan stres dan meningkatkan kreativitas. Terutama bila Moms memang hobi memasak, jadi sekalian me time dan menghilangkan stres. Resep apa nih, yang jadi favorit? 

 

 

Sudah lama tidak kumpul dengan teman-teman? Mengobrol ringan dan bercanda dengan sahabat juga menghilangkan stres dari padatnya rutinitas. Sementara ini, coba zoom meeting dulu ya, Moms.