Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini ? Yup, alpukat merupakan buah yang cukup unik dan mudah ditemukan di negara kita. Alpukat mengandung banyak nutrisi. Dikutip dari laman healthline.com,  alpukat setidaknya mengandung 16 jenis mikronutrien seperti vitamin K, asam folat, potasium, dan berbagai mikronutrien baik lainnya. Selain micronutrient, kandungan makronutrien pada alpukat juga terbilang tinggi, seperti lemak baik dan karbohidrat. 

Umumnya alpukat dijual dalam kondisi yang tidak terlalu matang sehingga Moms mungkin harus menyimpan selama beberapa hari agar alpukat matang sempurna dan siap disantap. Agar alpukat cepat matang, ada triknya, Moms. Berikut ini adalah beberapa tip dalam mempercepat proses pematangan alpukat : 

Tempatkan alpukat di sebelah pisang 

Jika secara kebetulan Moms memiliki buah pisang di rumah,  maka Moms bisa menempatkan buah alpukat di sebelah pisang. Buah pisang memproduksi etilen yang merupakan senyawa gas yang mampu membantu proses pematangan. 

Bungkus alpukat dengan kertas (kantong kertas atau koran) 

Membungkus alpukat dengan kantong kertas atau koran juga dapat  mempercepat proses pematangan alpukat. Jika moms memiliki apel atau pisang, ada baiknya Moms memasukkan kedua buah tersebut ke dalam kantong yang sama dengan alpukat. Sama seperti pisang,  apel juga menghasilkan gas etilen yang akan membuat alpukat cepat matang. Jangan lupa untuk memeriksa alpukat setiap hari ya, Moms. 

Gunakan beras 

Jika Moms tidak memiliki jenis buah penghasil gas etilen seperti pisang atau apel, maka Moms bisa memanfaatkan beras sebagai media untuk membantu mempercepat pematangan alpukat. Masukkan alpukat di dalam mangkok berisi beras. Biarkan alpukat memproduksi gas etilennya sendiri. Dalam beberapa hari alpukat matang nan legit siap di nikmati.

Letakkan di meja yang dekat sinar matahari 

Cara ini adalah cara termudah yang bisa Moms praktikkan di rumah. Cukup letakkan alpukat di meja yang memiliki cukup pencahayaan matahari setiap hari. Suhu yang lebih hangat membantu mempercepat proses pematangan buah alpukat. 

Bagaimana Moms? Cukup mudah bukan mempraktikkan beberapa tip di atas?  Pastikan Moms sesekali mengecek keadaan alpukatnya ya, Moms agar tidak terlalu matang atau busuk.