Puasa Ramadan sudah lebih dari seminggu kita lalui. Apakah Moms mengonsumsi kurma untuk buka puasa? Buah yang menjadi khas Ramadan ini, memang menjadi pembuka yang pas setelah seharian Moms berpuasa, karena kandungan gula disebut-sebut tidak meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, kurma juga kaya akan zat besi, dan ini bagus untuk ibu hamil dan Moms yang sering kecapekan karena banyaknya aktivitas. 

Meski begitu, Moms tidak boleh asal membeli kurma, terutama bila Moms membeli dalam jumlah banyak. Karena tidak semua jenis kurma bisa awet dan tahan lama.  Beberapa hal ini perlu Moms pertimbangkan saat membeli kurma: 

Pilih yang bertekstur kenyal 

Salah satu ciri buah kurma yang masih segar adalah yang memiliki tekstur kenyal. Tak masalah jika kulitnya sudah berkerut, namun tekstur dagingnya masih kenyal dan mudah digigit.  Satu lagi, kurma yang berkualitas baik terlihat padat di permukaan kulit dengan penampakan kulit sedikit mengilap.  Salah satu jenis kurma yang seperti ini adalah kurma khalas. Kurma khalas diproduksi oleh Date Crown. 

Bercak putih jadi tanda segar atau tidaknya kurma 

Sebagai buah yang dikeringkan, kurma mengandung gula yang tinggi. Kandungan gula dalam kurma ditandai dengan adanya bercak putih di permukaan kulit kurma. Itulah gula dalam kurma yang mengkristal.  Nah, jika bercak tersebut hanya terlihat sedikit saja, berarti kurma masih tergolong belum terlalu lama dijual. Sedangkan jika sudah berubah mengkristal dan keras, berarti kurma sudah terlalu lama. 

Aroma kurma 

Kurma memiliki aroma manis yang segar. Jika bisa mencium baunya dari luar kemasan, Moms bisa mencari yang aromanya segar tanpa bau asam menusuk . 

Untuk cara menyimpan  kurma sendiri tidaklah sulit. Moms dapat perhatikan hal berikut : 

Gunakan wadah kedap udara 

Jika disimpan dengan baik, kurma kering biasanya bisa bertahan hingga 3 bulan di suhu ruang dan 1 tahun jika dimasukkan ke dalam kulkas.  Namun jika ingin lebih aman,  Moms bisa menyimpannya di dalam kulkas . Pastikan untuk mengeluarkan kurma dari kulkas dan menunggu beberapa saat sebelum mengonsumsinya, ya. Karena kurma yang dari kulkas biasanya memiliki tekstur yang lebih keras dan kaku.  

Simpan dalam freezer

Jika Moms sudah membeli kurma dalam jumlah banyak dan ingin tahan lebih lama,  Moms dapat membekukan kurma di dalam freezer. Sebelumnya, tempatkan kurma di wadah tertutup agar tidak terkontaminasi bau makanan lain di freezer.  Kurma bisa awet hingga lebih dari 1 tahun jika ditempatkan di freezer. Untuk mengonsumsinya, Moms bisa mendiamkan kurma sampai mencapai suhu ruang. Atau jika ingin cepat bisa rendam di air hangat.