Kompor gas jadi alat penting bagi kita sehari-hari ya, Moms. Setiap masak, pasti akan ada cipratan minyak, kuah yang luber hingga mengotori kompor. Belum lagi kotoran dari bahan-bahan bumbu yang berbentuk serbuk, bisa ikut mengotori kompor.  Jika kotoran yang menempel pada kompor gas tidak segera dibersihkan, akan menimbulkan kerak dan berjamur sehingga kinerja kompor gas akan menurun. 

Tapi tenang, Moms, ada cara untuk membersihkan kompor gas. Perhatikan langkah-langkah berikut ini ya, Moms: 

Pisahkan ring kompor 

Ring kompor gas perlu dipisahkan lebih dulu dari tungkunya. Ini dilakukan agar ring kompor bisa dibersihkan dengan maksimal. Cara membersihkannya dengan merendam ring kompor di dalam air sabun. Selain itu, Moms juga bisa merendam ring kompor dengan sitrun yang dicampur air panas. Diamkan selama 1-2 jam. Untuk hasil maksimal bisa didiamkan semalaman. Setelah itu, gosok dengan sikat gigi pada sela-sela ring kompor yang sulit terjangkau. Bilas dengan air bersih lalu keringkan. 

Bersihkan tungku kompor dengan krim khusus 

Untuk bagian tungku, Moms perlu hati-hati saat membersihkannya karena tungku kompor gas tidak boleh terkena cairan. Untuk membersihkan bagian ini, Moms bisa menggunakan krim khusus yang banyak dijual bebas. Namun, cara praktisnya Moms bisa menyikatnya dengan sikat gigi tanpa diberi air. Itu cukup untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel di atas tungku. 

Bersihkan selang gas 

Selang juga salah satu alat penting yang harus dijaga kebersihannya. Jika tidak, kotoran dan debu yang menempel bisa menghambat aliran gas menuju kompor. Karena itulah, selain ring dan tungku kompor, selang juga perlu dirawat. Untuk perawatannya simpel aja, Moms, cukup mengelap bagian luar selang menggunakan lap basah. Kalau Moms melakukannya secara rutin, kebocoran atau pun retak akan segera diketahui. 

Periksa regulator gas 

Bagian regulator mungkin yang paling jarang terlihat kecuali saat penggantian gas kosong dengan yang baru. Karena jarang terlihat, bukan berarti kebersihannya tidak diperhatikan ya, Moms. Biasanya ada kerak pada bagian regulatornya, kalau sudah begini, Moms cukup menyikatnya menggunakan sikat gigi. Selain juga juga bisa mengelapnya dengan kain basah. 

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan pada regulator gas adalah memeriksa tekanannya, apakah  cukup baik atau tidak, terdengar ada suara desis atau tidak, termasuk ada aroma gas yang tercium atau tidak. Jika salah satu dari yang disebutkan tadi Moms temukan, maka harus segera mematikan kompor. Setelah itu, lepas regulatornya dan coba ubah posisinya. Barangkali pemasangannya longgar, bisa juga regulatornya sudah rusak. Jika sudah begitu, Moms harus menggantinya dengan baru. 

Jadi, supaya Moms semakin bersemangat untuk memasak, sebaiknya Moms rutin merawat kebersihan kompor kas.  Disarankan untuk segera membersihkan kompor setelah setelah memasak.