Setiap hari masak kadang-kadang bikin capek ya, Moms. Harus belanja bahan-bahan untuk keperluan di dapur, menyiapkannya,  mulai dari mengupas, memotong, atau mengiris dan lainnya. Bukan hanya tenaga yang terkuras, tapi waktu juga.Tapi tenang Moms,  ada trik supaya bisa menghemat waktu dan energi. Moms bisa coba meal preparation, nih. Bisa juga disingkat dengan meal prep. 

Apa sih meal prep? 

Meal prep adalah berbagai cara dalam menyiapkan makanan. Jadi, kalau biasanya Moms belanja setiap hari dan menyiapkan makanan secara harian, dengan cara meal prep bisa dipersiapkan sekaligus untuk makan beberapa hari. 

Tiga cara meal prep 

Dalam melakukan meal prep sebenarnya ada tiga cara, nih Moms. Pertama, Moms bisa mempersiapkan bahan-bahannya saja agar saat waktunya masak tak perlu repot mengupas atau memotong lagi. Jadi, Moms tinggal keluarkan semua bahan dari kulkas lalu dimasak. Kedua, Moms bisa memasak beberapa menu dalam jumlah besar untuk dikonsumsi beberapa hari ke depan. Misalnya Moms sudah masak ayam bumbu kuning lalu saat mau makan tinggal ambil dari kulkas lalu digoreng atau dipanggang. Ketiga, Moms bisa menyiapkan menu makanan komplit yang disimpan dalam satu wadah untuk satu kali makan. Jadi, ketika berangkat ke kantor Moms bisa langsung ambil satu wadah porsi untuk makan siang. Nanti bisa dihangatkan lagi saat jelang siang. 

Tulis menu harian 

Agar meal prep berjalan dengan lancar dan praktis, menulis menu untuk setiap harinya bisa sangat membantu. Jadi, Moms bisa merencanakan menu apa saja untuk beberapa hari ke depan. Dengan begitu, Moms tidak akan lagi kebingungan untuk masak apa keesokan harinya. 

Baca Juga: Anjuran Nutrisi Selama Pandemi Menurut WHO

Pilih andalan 

Kalau unmenu tuk meal prep sebaiknya pakai menu andalan yang biasa dimasak sehari-hari. Karena rasanya sudah terjamin dan Moms serta keluarga juga sudah terbiasa. Dengan begitu Moms tidak akan merasa kecewa karena makanan yang dimasak dalam jumlah besar tidak termakan oleh anggota keluarga. 

Belanja sekaligus 

Karena telah menulis menu harian, otomatis akan membantu juga ketika harus belanja bahan-bahan yang diperlukan. Pembelian bahan-bahan ini bisa dilakukan satu kali saja untuk keperluan 3 hari atau selama 7 hari ke depan. Jika dilakukan dengan cara begini, akan lebih hemat dan efektif. Jadi, tidak akan ada bahan yang terbuang percuma karena sudah disesuaikan dengan menu pilihan. 

Bagaimana, Moms? Tertarik untuk meal prep? Tidak ada salahnya dicoba ya! Selamat berkreasi!