Penyebaran virus penyebab Covid-19 di Indonesia kian mengkhawatirkan, Moms. Beberapa hari terakhir, terjadi lonjakan kasus positif lebih dari 3000 per hari. 

Keputusan untuk tidak memberlakukan lockdown demi menjaga keberlangsungan ekonomi negara,  justru membuat Indonesia “di-lockdown” 59 negara dan masuk level 3 peringatan tinggi risiko penyebaran Covid-19 oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Kunjungan dari dan ke Indonesia dibatasi 

Status level 3 ini ditetapkan CDC berdasarkan kriteria untuk menentukan tingkat risiko Covid-19 dalam perjalanan dari dan ke wilayah Indonesia. Terdapat dua kriteria, yaitu primer dan sekunder. Kriteria primer atau utama melihat tingkat penularan virus di tempat tujuan, dalam kasus ini di Indonesia. 

Sementara kriteria sekunder melihat kapasitas perawatan kesehatan dan infrastruktur kesehatan masyarakat di Indonesia, termasuk jumlah tempat tidur yang tersedia di rumah sakit, ventilator, infrastruktur kesehatan masyarakat, seperti fasilitas tes dan pelacakan kontak. Hal ini diperparah oleh meningkatnya jumlah tenaga medis yang wafat di Indonesia. 

Baca Juga : Hindari Aktivitas Risiko Tinggi Terpapar Covid-19 Berikut

CDC menggunakan data eksternal dari tim pengawasan Covid-19 World Health Organization untuk mengukur tingkat penularan virus. Pemantauan ini dilakukan tiap harinya. Jumlah populasi suatu negara atau wilayah menentukan kriteria spesifik dalam pembagian level risiko penyebaran Covid-19.

Pada populasi lebih dari 300.000 orang, seperti Indonesia, kriteria yang digunakan adalah jumlah kasus baru, incidence rate atau frekuensi kasus baru pada tiap 100.000 orang, dan kurva atau grafik jumlah kasus.

Berdasarkan data tersebut, CDC merekomendasikan siapa pun warga Amerika Serikat untuk menghindari dan menunda perjalanan internasional ke Indonesia, sebab risiko penularan Covid-19 di Indonesia berada pada level tertinggi, yaitu level 3. Selain itu, perawatan dan sumber daya medis di Indonesia sudah terbatas, sehingga sulit mendapatkan pertolongan segera.

Level 3 juga diberlakukan pada Jamaika, Kenya, Italia, Inggris, dan Prancis. 

Bahkan, ada larangan level 4 di mana warga AS benar-benar dilarang untuk bepergian ke negara tertentu, baik untuk kepentingan yang mendesak ataupun tidak, baik untuk orang sehat, maupun berisiko. Negara-negara yang masuk dalam larangan perjalanan level 4 ini di antaranya adalah Meksiko, India, Bahamas, dan Rusia.  

Sama halnya dengan CDC, Malaysia bahkan mengeluarkan larangan pada masyarakatnya untuk melakukan perjalanan ke Indonesia dan sebaliknya, warga Indonesia dilarang masuk ke wilayah Malaysia. Larangan ini berlaku mulai Senin, 7 September 2020 kemarin, Moms. 

Negara lain yang membatasi kunjungan dari Indonesia adalah Hungaria, Uni Emirat Arab, dan Afrika Selatan.

Kriteria penilaian risiko

Tingkat penilaian risiko penularan Covid-19 menurut CDC pada negara dengan penduduk lebih dari 300.000 orang ada tiga, yaitu:

Level 3: Risiko Penyebaran Covid-19 Tinggi

Pada level ini, jumlah kasus positif baru lebih dari 500 kasus, sementara incidence rate atau frekuensi kasus baru pada tiap 100.000 orang lebih dari tiga kasus, dan kurvanya terus meningkat.

Level 2: Risiko Penyebaran Covid-19 Sedang

Pada level ini, jumlah kasus positif baru berada pada rentang 251 – 500 kasus, sementara incidence rate atau frekuensi kasus baru pada tiap 100.000 orang 1,5 – 3 kasus, dan kurvanya menurun atau setidaknya stabil.

Level 1: Risiko Penyebaran Covid-19 Rendah

Pada level ini, jumlah kasus positif baru berada pada rentang 50 – 250 kasus, sementara incidence rate atau frekuensi kasus baru pada tiap 100.000 orang kurang dari 1,5 kasus, dan kurvanya menurun atau setidaknya stabil.

Sikap dunia internasional pada kondisi Covid-19 di Indonesia menunjukkan tingginya risiko tertular virus, Moms. Cara untuk menghindarinya masih sama, yaitu dengan membatasi aktivitas yang tidak perlu di tempat publik, dan selalu menerapkan protokol kesehatan.