Kotak P3K merupakan benda wajib yang harus ada di setiap rumah karena cidera atau luka  bisa terjadi secara tiba-tiba dan perlu penanganan cepat. Terlebih, pada kondisi saat ini dimana kita harus selalu berada di rumah untuk membatasi penyebaran Covid-19. 

Meski dinamakan kotak P3K, bentuknya tidak selalu kotak, kok Moms. Bentuk wadahnya bisa bermacam-macam asalkan memiliki penutup rapat supaya tetap steril. Yang penting dari kotak P3K adalah isinya. Pastikan isi kotak P3K lengkap dan bisa menangani keadaan darurat yang mungkin terjadi, setidaknya sebelum berobat ke rumah sakit. Apa saja isi kotak P3K? 

Kasa steril 

Kasa steril digunakan untuk menutup luka yang telah dibersihkan agar aliran darah bisa segera dihentikan. Lipat kaca sesuai dengan ukuran luka.  

Plester berbagai ukuran 

Biasanya plester digunakan setelah luka dibersihkan dan ditutup dengan kasa. Penggunaan plester dimaksudkan agar luka tidak terpapar bakteri dan terjadi infeksi. Balut luka dengan plester dan pastikan tidak terkena air. Ganti plester secara rutin setiap hari hingga luka mengering.   

Kapas 

Kapas adalah salah satu komponen penting yang dibutuhkan untuk merawat luka. Gunakan kapas untuk membersihkan luka dan sekitarnya. 

Gunting dan peniti 

Dalam P3K, gunting dan peniti memiliki fungsi penting. Gunting digunakan untuk memotong perban dan plester sesuai ukuran yang diinginkan. Sementara peniti berfungsi untuk merapikan balutan. 

Perban mitela 

Kain pembalut berbentuk segitiga ini punya banyak kegunaan, salah satunya menggantung tangan atau kaki yang cidera. Mitela juga biasa digunakan untuk membalut cidera di kepala, bahu, dada, siku, telapak tangan, pinggul, dan telapak kaki.

Sarung tangan dan masker sekali pakai 

Sarung tangan medis atau handscoon dan masker dibutuhkan untuk merawat luka. Sebelum merawat luka,  pastikan Anda memakai sarung tangan dan masker agar luka tetap steril, tidak terpapar virus dan bakteri yang ada pada tangan Anda. Pastikan Anda telah mencuci tangan dengan sabun sebelum memakai handscoon. 

Povidon-iodine 

Povidon iodin adalah obat luar yang berfungsi sebagai antiseptik untuk mengobati luka sayat atau gores. Obat ini digunakan untuk membersihkan luka dan membunuh bakteri. 

Alkohol 

Selain untuk membersihkan luka, alkohol juga bisa digunakan untuk merangsang kesadaran seseorang saat pingsan. 

Tisu medis steril 

Tisu disinfektan biasa digunakan untuk membersihkan daerah sekitar luka supaya tidak terinfeksi. Ingat, jangan dibersihkan di bagian lukanya ya. 

Krim atau salep antiseptik 

Gunakan krim atau salep antiseptik untuk melindungi luka yang terbuka agar terhindar dari risiko infeksi. 

Termometer 

Termometer juga salah satu benda wajib yang harus ada dalam P3K Moms di rumah. Fungsi alat ini untuk mengukur suhu badan. Suhu tubuh normal sekitar 36,5 - 37,5 derajat Celcius. Sedangkan suhu anak biasanya 35,5 hingga 37,5 derajat Celcius. Adapun suhu 38 derajat Celcius dikategorikan demam. Pengukuran suhu badan diperlukan sebelum mengambil tindakan yang tepat.