Moms, siapa yang anaknya suka banget makan es krim? Nah, kebetulan di komplek perumahanku sudah mulai banyak penjual es krim yang masuk lagi. Anak mulai mengerti jajan lagi deh. Selain pengeluaran nambah lagi, kita juga jadi harus ekstra menjaga kesehatannya karena beragam hal. Worry juga sih, entah sama tempat es krimnya, sama penjualnya, dan lain sebagainya. 

Bukannya mau berpikiran buruk, tapi ada kalanya memang lebih baik mencegah daripada mengobati. Apa lagi di masa new normal, harus ekstra jaga pola hidup dan asupan makanan. Otomatis, camilan yang dimakan si Kecil juga harus bener-bener kita perhatikan. Tahu enggak Moms, es krim bisa dibuat dengan bahan sederhana. Yuk, cek bahan-bahannya. 

Bahan es krim simpel: 

  1. Beraneka buah segar 
  2. Susu yang dikonsumsi si Kecil 
  3. Madu 
  4. Beraneka ragam topping (mesis, coklat, susu kental manis) 

Alat yang digunakan : 

  1. Pisau dan talenan 
  2. Blender 
  3. Cetakan es krim beraneka bentuk 
  4. Stick es krim 

Cara membuat : 

  1. Cuci bersih buah-buahan. 
  2. Kupas dari kulitnya, lalu potong-potong kecil dengan pisau. 
  3. Seduh susu jika berbentuk bubuk, jika fresh milk atau UHT tidak perlu lagi. 
  4. Blender buah satu per satu, sesuai jenisnya. 
  5. Tambahkan susu yang sudah cair. 
  6. Tambahkan madu untuk memberikan rasa manis segar alami pada es krim yang kita buat. 
  7. Masukkan hasil blender ke dalam cetakan es krim. Jangan lupa sematkan stik es krimnya.
  8. Lakukan hingga semua potongan buah habis. 
  9. Masukkan ke dalam lemari pendingin. 
  10. Simpan hingga beku. 

Saran penyajian : 

  1. Jika ingin mendapatkan es krim dengan tekstur seperti es serut, bisa dicetak dalam wadah besar, lalu ambil dengan scoop es krim tipis-tipis saat menaruh ke dalam wadah saji. 
  2. Siap disajikan dengan beragam topping kesukaan si Kecil.

Tip : Jika ingin membuat es krim pelangi, gunakan cetakan es krim yang memanjang, tuang hasil blender buah sedikit demi sedikit, sesuaikan dengan warna pelangi. Contoh saja merah, kuning, dan hijau. Merah dibuat dari buah strawberry, kuning dari nanas dan pisang (jika hanya nanas saja akan sangat cair, otomatis butuh banyak nanas dan rasanya akan jadi sangat asam), hijau dari buah melon. 

Cara buat : blender strawberry terlebih dahulu, tuang ke cetakan es krim 1/3 bagian, masukkan ke dalam lemari pendingin terlebih dahulu, lalu lanjut dengan warna-warna lainnya hingga hasil blender buah habis. 

Selain menyajikan camilan sehat untuk anak, kegiatan ini juga bisa menjadi bonding antara ibu dan anak lho Moms. Tidak hanya itu, Moms juga bisa sambil mengajarkan beraneka jenis buah, dan proses pembuatan es krim simpel kepada si Kecil. Yuk, coba di rumah moms, selamat mencoba juga. Semoga bermanfaat