Moms, belum lama ini Kementerian Pertanian mendeteksi bakteri Listeria monocytogenes dalam jamur enoki impor dari Green Co Ltd, Korea Selatan. Maka, sebagai tindak lanjutnya, Kementan meminta importir untuk menarik dan memusnahkan produk jamur enoki tersebut. Berdasarkan informasi dari FAO/WHO, pada Maret – April 2020 lalu, di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia terjadi wabah Listeria akibat mengonsumsi jamur enoki yang sama.

Lalu, apa itu penyakit Listeria? Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang dapat tumbuh pada suhu dingin, termasuk di dalam lemari pendingin. Bakteri listeria bisa hidup di tanah, air, debu, dan kotoran hewan. Bakteri ini dapat menginfeksi dengan serius pada Moms yang hamil, bayi, orang dengan sistem imun lemah, dan orang lanjut usia.

Infeksi listeria pada makanan bisa jadi salah satu penyebab keracunan, ditandai dengan gejala umum diare, mual, pegal pada otot, dan demam. Gejala ini dapat muncul beberapa hari, bahkan beberapa bulan setelah bakteri masuk ke tubuh. Jika infeksi listeria ini menyebar ke sistem saraf, dampaknya lebih serius. Kondisi parah ini disebut listeriosis, berakibat fatal bagi 20 persen orang yang terinfeksi, rentan pada orang yang sangat muda, sangat tua, dan yang memiliki sistem kekebalan yang lemah. Kondisi ini ditandai dengan sakit kepala, kaku leher, kebingungan, kehilangan keseimbangan, hingga kejang. Segera hubungi gawat darurat bila hal ini terjadi ya, Moms.

Bagi Moms yang hamil, terinfeksi bakteri ini dapat berakibat fatal karena berisiko tinggi terkena listeria di dalam darah. Maka, Moms butuh penanganan khusus. Hubungi dokter jika Moms memiliki gejala sakit kepala, demam, pegal otot, dan sakit punggung dengan atau tanpa diare. Hingga saat ini, belum ada vaksin yang dapat melawan penyakit listeria. Maka, penting untuk melakukan pencegahan, terutama melalui makanan yang dikonsumsi, Moms. Makanan yang harus diperhatikan selain jamur enoki untuk menghindari risiko terinfeksi, di antaranya sayur mentah, daging, susu yang tidak dipasteurisasi, dan makanan olahan, seperti hot dog.

Cara lain untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam tubuh adalah mencuci tangan dengan air yang berbusa dan hangat sebelum Moms memasak. Jika salah satu bahan adalah jamur enoki, daging atau unggas mentah, cuci kembali tangan setelahnya.

  1. Membersihkan permukaan dapur, talenan, alat masak dan makan dengan air panas dan berbusa ketika Moms selesai memasak
  2. Menggosok sayur mentah dengan sikat di bawah air yang mengalir
  3. Memasak daging, unggas, dan telur sampai 71 derajat Celsius
  4. Jauhkan daging, unggas, dan telur yang belum dimasak dari makanan lain
  5. Mencuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh buah melon utuh. Bersihkan buah dengan sikat di bawah air yang mengalir.