Sebagai seorang working moms yang terkena dampak covid-19 dengan diberlakukannya sistem WFH (Working From Home), memberikan saya banyak hal baru yang harus disyukuri, terlebih dari berkurangnya pemasukan selama pandemi ini. Hal hal yang mungkin biasa bagi Moms yang full time di rumah, bagi saya sangat istimewa. 

Pertama, bisa memasakkan makanan kesukaan anak dan suami. Memang sih, setiap hari saya juga masak, tapi biasanya hanya masak sekadarnya saja dengan menu simpel dan sama, untuk  sarapan dan makan siang. Tapi selama pandemi ini, saya bisa masak buat sarapan dan makan siang yang berbeda tergantung pesanan anak dan suami. Mereka bahagia bukan main.

Trik Mengusir Kesepian si Kecil Selama Pandemi

Kedua,  mendalami hobi baking. Empat bulan terakhir ini saya jadi punya banyak waktu untuk menyalurkan hobi baking yang tertunda karena saat kerja full time, saya  memiliki waktu yang amat terbatas, paling bisa baking dalam sebulan hanya sekali. Sekarang, saya bisa baking tiap minggu dengan aneka resep baru. 

Ketiga, waktu bersama Alicia dan suami lebih banyak karena selama pandemi, dalam sebulan saya hanya 10 hari kerja ke kantor.  Sisanya lebih banyak di rumah sehingga bisa menghabiskan waktu bersama keluarga,  dari mulai bangun sampai tertidur lagi. Saya jadi bisa memantau tumbuh kembangnya Alicia yang semakin hari semakin pintar. Oh,  amat bersyukurnya saya menjadi ibu. 

Keempat, bisa berolahraga bersama keluarga yang selama ini jarang sekali kami lakukan. Selama pandemi, olahraga menjadi kebiasaan baru buat keluarga saya, mulai dari jalan pagi bersama, bersepeda sampai berjemur. Semoga ke depannya menjadi kegiatan yang tetap rutin dilakukan. 

Panduan Singkat Olahraga di Ruang Publik Saat Pandemi

Kelima,  bisa melakukan kegiatan domestik bersama suami dan anak,  mulai dari menyapu , mencuci sambil bermain gelembung busa dan menjemur. Pokoknya semua kegiatan domestik, kami lakukan bersama sehingga asisten rumah tangga kami liburkan dulu untuk sementara waktu untuk menekan pengeluaran bulanan. 

Keenam, nonton film netflix bersama keluarga. Banyak  sekali film bagus di netflix yang bisa ditonton bersama keluarga, seperti Home Alone, Zathura, Trolls holiday, Romona and Beezus dan  masih banyak lagi . 

Ketujuh, membantu sesama yang terdampak covid19.  Dampak ekonomi Covid19 dirasakan oleh banyak orang. Penurunan pendapatan hingga PHK, menghantui kita semua. Dengan banyak waktu di rumah, saya jadi bisa memberi sebagian rezeki selama ini dengan berbagi makanan maupun sembako meski dalam jumlah tidak banyak.  Setidakny, kondisi ini mengajarkan saya untuk selalu berbagi.

Selain hal tersebut,  masih banyak lagi yang dapat dapat saya syukuri selama pandemi ini , waktu bersama anak dan suami yang mungkin tidak akan terulang. Menikmati udara segar karena dengan diberlakukanya WFH / Pembatasan kendaraan menjadikan kualitas udara membaik . Jadi makin tersadar pentingnya menabung untuk hal tak terduga seperti ini dan  menyadarkan saya juga buat membeli sesuatu berdasarkan kebutuhan bukan keinginan . Intinya pandemi ini banyak sekali mengajarkan hal baik pada  saya dan suami. Ini seperti  tamparan buat diri yang selama ini hidup semuanya, sekarang  jadi lebih teratur dan tertata. Semoga ke depannya kehidupan kami lebih baik dari hari ini. Jangan pernah mengeluh saat pandemi, banyaklah bersyukur agar hidup lebih tenang.

Baca Juga :  Anjuran Nutrisi Selama Pandemi Menurut WHO