Selama ini kita mengenal air kelapa sebagai minuman yang menyegarkan. Tapi tahukah Moms, air kelapa juga memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan. Badan Pangan dan Pertanian PBB (FAO) menyatakan bahwa rehidrasi alami air kelapa lebih baik dari minuman elektrolit artifisial. Karena memiliki kandungan garam, garam dan vitamin yang sangat membantu untuk mengembalikan cairan tubuh.

Baca Juga : Manfaat Air Kelapa Selama Kehamilan

FAO menyatakan air kelapa sebagai minuman rehidrasi alami yang direkomendasikan untuk atletik karena mengandung nutrisi karbohidrat, asam amino, vitamin, dan ion yang dapat memberikan energi. Ini juga yang membuat air kelapa banyak dipilih oleh masyarakat sebagai pilihan minuman ketika diare. Saat diare, badan kita kehilangan banyak cairan tubuh. Masyarakat percaya bahwa dengan minum air kelapa, cairan tubuh yang hilang itu dapat tergantikan dengan cepat. Rehidrasi ini tidak hanya penting bagi kesehatan badan tapi juga kesegaran kulit, termasuk menghilangkan jerawat. 

Air kelapa muda yang masih segar dianggap sebagai tonik antipenuaan. Menurut David Wolfe dalam bukunya Superfoods,  air kelapa membantu meningkatkan kekebalan, pencernaan, meremajakan kerusakan oksidatif, dan meningkatkan fungsi sistem saraf.

Baca Juga : Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Menyusui

Ahli gizi dan diet bersertifikat Stacey B. Schulman, MS, RDN, CEDRD, CDN menekankan pada vitamin C, yang membantu pembentukan kolagen. Air kelapa juga mengandung vitamin A dan K yang merupakan sumber vitamin B kompleks yang sangat baik. Schulman juga menyebutkan bahwa air kelapa bertindak sebagai antiradang, detoksifikasi, dan antimikroba. Itu semua bekerja untuk mengurangi timbulnya jerawat. 

Selain itu, Schulman juga mencatat, air kelapa dapat mengurangi minyak berlebih pada kulit sehingga dapat mengurangi jerawat. Untuk penggunaan air kelapa sebagai obat jerawat, Moms bisa menggunakan cutton bud untuk mengoleskan air kelapa pada area yang berjerawat atau noda bekas jerawat. Biarkan dalam semalam, lalu bilas dengan air hangat keesokan paginya. Lakukan langkah ini secara rutin, setiap malam. Dan lihat hasilnya dalam 1-2 minggu.